Mengenal Teknik Pemeriksaan Mastoid untuk Menjaga Kesehatan Telinga dan Keseimbangan Tubuh

YOGYAKARTA - Pemeriksaan mastoid merupakan tes kesehatan yang penting dilakukan. Mastoid adalah bagian dari tulang temporal yang terletak di belakang telinga, yang memiliki bentuk yang menyerupai piramida. Meskipun kecil, mastoid berperan menjaga kesehatan telinga dan keseimbangan tubuh. 

Dari segi anatomi, tulang mastoid terbentuk dengan banyak rongga udara yang terhubung dengan saluran tengah telinga. Area mastoid juga juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot leher dan kepala. Itulah mengapa pemeriksaan mastoid menjadi langkah penting dalam memastikan kesehatan telinga dan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Adanya permasalahan pada tulang mastoid bisa menimbulkan dampak besar pada pendengaran dan kondisi lainnya. Pemeriksaan mastoid secara teratur membantu mendeteksi dini kesehatan seseorang. Lantas seperti apa teknik pemeriksaan mastoid dan fungsinya?

Teknik Pemeriksaan Mastoid

Masalah kesehatan bisa saja menyerang di area tulang mastoid, seperti mastoiditis (infeksi pada mastoid), tumor mastoid, dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, pemeriksaan mastoid menjadi medical check up yang nggak boleh diabaikan. 

Pemeriksaan mastoid bertujuan untuk mengevaluasi kesehatan telinga dan keseimbangan tubuh individu. Prosedur medis ini  bisa dijalani baik bagi orang yang mengalami gejala-gejala di telinga maupun yang tidak merasakannya. 

Dengan menjalani pemeriksaan mastoid, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan telinga sehingga bisa melakukan langkah perawatan dengan tepat. Berikut ini teknik-teknik pemeriksaan mastoid yang perlu Anda tahu:

Pemeriksaan Visual

Metode pemeriksaan mastoid yang pertama adalah inspeksi visual. Dokter atau tenaga medis akan memeriksa area mastoid pasien guna melihat adanya pembengkakan, kemerahan, atau luka pada kulit. 

Jika ditemukan adanya perubahan pada kulit atau struktur mastoid, maka bisa menunjukkan masalah pada area tersebut. Bisa saja pasien mengalami infeksi atau tumor di bagian mastoid. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan telinga secara keseluruhan, mulai dari mengamati tanda-tanda cairan, peradangan, hingga sumbatan yang mengganggu fungsi telinga. 

Palpasi Mastoid

Palpasi mastoid merupakan teknik pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter dengan meraba area mastoid. Dokter menggunakan jari-jarinya untuk meraba area mastoid untuk menilai tekstur, ukuran, dan sensitivitas mastoid. 

Masalah pada area mastoid bisa diketahui dari adanya pembengkakan, nyeri, tekanan, atau deformitas. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan kelenjar getah bening di bagian leher guna mengetahui apakah terjadi pembesaran yang berkaitan dengan masalah mastoid. 

Audiometri

Teknik pemeriksaan mastoid lainnya yang juga dijalani oleh pasien adalah audiometri. Prosedur medis ini berupa tes pendengaran untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan suara dengan jelas. 

Pada metode audiometri, pasien juga dites kemampuannya pendengarannya dalam membedakan antara berbagai frekuensi suara. Dengan pemeriksaan ini, dokter bisa mendiagnosa apakah terjadi gangguan pendengaran, misalnya cairan di telinga tengah atau kerusakan pada tulang pendengaran. 

Tes keseimbangan

Pasien yang menjalani pemeriksaan mastoid juga bisa melakukan tes keseimbangan. Teknik pemeriksaan ini meliputi serangkaian tes yang dirancang untuk mengevaluasi fungsi vestibular, yang bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh. 

Tes keseimbangan dalam pemeriksaan mastoid bisa berupa tes Romberg, tes Dix-Hallpike, atau tes nystagmus. Melalui tes ini, dokter bisa memperhitungkan apakah ada masalah pada area mastoid yang mempengaruhi keseimbangan tubuh seseorang. 

Demikianlah ulasan mengenai teknik pemeriksaan mastoid dan fungsinya. Melalui berbagai metode pemeriksaan mastoid di atas, pasien bisa mendapat pemahaman yang holistik tentang kesehatan telinga dan keseimbangan tubuhnya. Baca juga mengenal check up mata dan jenis-jenis tes penglihatan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.