Perkuat Komitmen Elektrifikasinya, Honda akan Mulai Produksi EV di AS pada 2025

JAKARTA - Bukan sebuah rahasia lagi bila pabrikan seperti Honda memiliki komitmen dalam menghadirkan EV terbaru, termasuk dalam wilayah AS. Pabrikan dari Jepang ini telah menguraikan rencana elektrifikasinya tersebut.

Dilansir dari CarBuzz, Selasa, 16 April, perusahaan mengumumkan adanya perubahan pada manufaktur dan EV Hub di Ohio, AS, beberapa di antaranya telah berlangsung sebagai lanjutan dari investasi sebesar 700 juta dolar AS yang diumumkan pada 2022 lalu.

Investasi tersebut mengarah pada produksi kendaraan listrik (EV) di AS yang akan berlangsung pada 2025. Disebutkan ini merupakan investasi pertama bagi merek tersebut.

“Pembentukan EV Hub kami bukan sekadar investasi pada perlengkapan dan peralatan, kami juga berinvestasi pada rekanan Honda yang akan mengemban tanggung jawab baru untuk membawa kami menuju masa depan elektrifikasi,” kata Executive Vice President American Honda Motor, Bob Nelson.

Langkah Honda untuk memproduksi EV di AS tentu memerlukan penyesuaian pada pabrik manufakturnya di Ohio. Seperti pabrik Marysville yang telah menggabungkan dua lini produksinya menjadi satu memungkinkan memproduksi mobil ICE dan EV.

Teknologi seperti Intelligent Power Unit (IPU) milik Honda yang menampung modul baterai EV, juga akan dirakit di pabrik yang sama dan prosesnya akan dipimpin oleh Anna Engine Plant.

Kemudian, tempat perakitan East Liberty Auto Plant akan memproduksi EV secara eksklusif pada tahun 2025 dengan hanya berfokus pada komponen berat pada kendaraan listrik.

Setelah pembangunan L-H Battery Company Inc yang merupakan perusahaan patungan antara Honda dan LG Energy Solution, pabrikan akan memproduksi baterai untuk mobil EV Honda. Dengan kendaraan listrik dan baterai yang diproduksi di Amerika Serikat, kendaraan listrik Honda diproyeksikan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak federal.

Namun, pabrikan berlogo ‘H’ ini belum mengumumkan EV yang akan diproduksi di AS mulai tahun 2025 mendatang. Mobil listrik Honda pertama yang dijual di AS, Prologue, saat ini diproduksi di pabrik Meksiko. Model ini merupakan mengusung platform Ultium yang merupakan hasil kolaborasi antara Honda dengan General Motors (GM).

Pabrikan Jepang ini sedang mengerjakan EV yang dikembangkan sendiri dan kemungkinan besar akan diproduksi di Ohio. Afeela, sedan listrik yang merupakan hasil kerja sama dengan Sony, saat ini menuju produksi dan menjadi kandidat kuat Honda EV pertama buatan Amerika.