Apple Siapkan Prosesor Komputer M4 dengan Kemampuan AI untuk Seluruh Model Mac

JAKARTA - Berdasarkan laporan dari Bloomberg News pada Kamis, 11 April, Apple Inc., sedang mendekati produksi prosesor komputer M4 yang akan memiliki kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan (AI) dan berencana untuk memperbarui setiap model Mac dengan chip tersebut.

Perusahaan ini bertujuan untuk merilis komputer yang telah diperbarui pada akhir tahun ini dan awal tahun depan. Komputer-komputer tersebut akan mencakup iMac baru, MacBook Pro 14 inci kelas rendah, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci kelas atas, dan Mac mini.

Pembuat PC telah mengalami penurunan sejak berakhirnya masa kejayaan penjualan selama pandemi untuk bekerja dan belajar dari rumah. Industri ini bertumpu pada harapan akan kebangkitan dengan generasi baru laptop dan desktop dengan chip yang lebih kuat yang dapat menghandle tugas kecerdasan buatan seperti merangkum dokumen tanpa harus mengirim data ke cloud.

Intel  sedang mempersiapkan chip semacam itu, begitu juga dengan pesaingnya seperti Qualcomm. Reuters juga melaporkan bahwa Nvidia juga berencana untuk menggunakan kekuatannya dalam chip AI untuk melompat ke pasar PC dengan chip baru secepatnya pada tahun 2025.

Apple berencana untuk menyoroti kemampuan pemrosesan AI dari chip baru ini, dan bagaimana mereka akan terintegrasi dengan versi berikutnya dari macOS, sesuai dengan laporan Bloomberg.

Kabar ini muncul menjelang konferensi pengembang tahunan Apple pada bulan Juni, dan laporan menyebutkan bahwa pembuat iPhone tersebut akan mengumumkan kemitraan AI baru dan mengungkap perubahan signifikan pada iOS.

Penjualan Mac turun 27% dalam tahun fiskal terbaru Apple yang berakhir pada bulan September. Pada bulan Oktober, Apple mengungkapkan chip M3 generasi saat ini dan komputer MacBook Pro dan iMac baru yang akan mendapatkannya.