Kebakaran di Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng Hanguskan 23 Rumah

JAKARTA - Kebakaran besar terjadi di Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis, sekitar pukul 01.30 WIB dan menghanguskan 23 rumah warga.

"Data sementara rumah yang terbakar ada 23 unit, dengan 33 kepala keluarga terdampak," kata Camat Bataguh, Syuryadin.

Dijelaskannya, saat kejadian terdapat kendala dalam upaya pemadaman karena lokasinya di seberang sungai, sehingga harus menggunakan perahu untuk mencapai lokasi.

"Akses jalan juga sempit, sehingga susah memasukkan mesin pemadam, ditambah sumber air terbatas karena air sungai sedang surut," katanya dikutip Antara.

Pihaknya saat ini masih melakukan pendataan untuk detail yang terdampak akibat musibah kebakaran di kawasan padat penduduk tersebut.

Belum diketahui penyebab atau asal mula munculnya api. Kebakaran baru dapat dipadamkan petugas satu jam kemudian.

Terkait musibah tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak cepat membantu warga terdampak. Bantuan diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten setempat untuk melayani warga.

"Berdasarkan instruksi pak Pj Bupati melalui BPBD dan Dinsos untuk gerak cepat melayani korban kebakaran di Desa Pulau Mambulau," kata Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto.

Selain bantuan, pihaknya juga sudah membangun posko dan dapur umum untuk membantu para korban kebakaran. "Sudah terbangun satu posko dan juga dapur umum untuk tanggap darurat," katanya.

Selain itu, juga diberikan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak dari Dinas Kesehatan kabupaten setempat. "Walau hari libur, sesuai arahan pimpinan tetap standby melayani masyarakat," kata Yanmarto.