6 Situs Short URL Terbaik Buat Memperpendek Tautan Link

YOGYAKARTA - Link atau URL merupakan elemen penting dalam website atau situs online. URL dibuat sebagai alamat atau arahkan untuk mengakses laman konten. Adanya URL memudahkan audiens yang ingin membaca atau melihat konten yang Anda buat. 

Format URL bisa berbeda-beda di tiap situs, baik dalam karakternya maupun panjang-pendeknya. Seringkali URL yang terlalu panjang menyulitkan audiens yang ingin mengunjunginya. Hal ini tentunya kurang optimal ketika Anda ingin membagikan tautan secara luas. 

Semakin pendek URL maka kunjungan link berpotensi lebih tinggi. Audiens lebih nyaman mengakses link yang tidak terlalu panjang. Jika URL terlalu panjang, tenang saja karena Anda bisa mempersingkat link tersebut. Ada beberapa situs short URL terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk memperpendek tautan link. 

Rekomendasi Situs Short URL Terbaik

Berdasarkan pengalaman, URL yang pendek memang lebih disukai oleh audiens dibandingkan yang berukuran cukup panjang. Tautan yang terlalu panjang dapat memersulit audiens ketika mengetikan URL untuk mengunjunginya. 

Jika ingin membagikan laman website Anda ke media sosial atau platform lain, sebaiknya bikin URL menjadi pendek terlebih dahulu. Berikut ini sejumlah situs short URL terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mempersingkat tautan. 

Bit.ly

Salah satu situs short URL yang cukup sudah sangat populer adalah Bit.ly. Shortener URL gratis ini sering digunakan oleh orang-orang yang ingin membagikan link ke audiens lebih luas. Tautan dengan format bit.ly kerap berseliweran disebarkan di media sosial maupun platform lain.

Selain bisa diakses secara gratis, situs bit.ly juga menyediakan beragam fitur yang memanjakan penggunanya. Bit.ly memang dikenal sebagai one of situs short URL terbaik yang selalu mendapat pengguna dalam jumlah banyak tiap bulannya. 

Jika ingin mengakses fitur menarik dan lebih lengkap dari bit.ly, Anda bisa mendaftarkan akun premium. Untuk memiliki akun premium, Anda perlu berlangganan sekitar mulai dari US$29 atau Rp400 ribu perbulannya. 

S.id

S.id juga menjadi situs short URL yang banyak digunakan oleh pengguna platform digital. Shortener URL ini merupakan buatan dalam negeri yang dikelolah oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). 

Situs ini tidak hanya bisa membantumu memperpendek URL, namun juga dapat membaca statistik dari link yang Anda persingkat. Cara memperpendek URL melalui S.id bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, mempersingkat link tanpa modifikasi. Kedua, memodifikasi akhiran (slug) URL. 

TinyURL

TinyURL merupakan situs short URL terbaik yang cukup familiar bagi pengguna Twitter. Situs ini menjadi favorit bagi warga Twitter yang ingin mempersingkat link yang ingin dibagikan. Mirip seperti S.id, fitur di TinyURL dapat Anda akses secara gratis untuk memperpendek URL. 

ShortURL.at

ShortURL.at juga bisa Anda pilih ketika ingin mempersingkat tautan link. Situs short URL ini sering diandalkan untuk membuat slug pendek tanpa perlu dimodifikasi, sehingga cocok bagi Anda yang nggak mau repot. Menariknya lagi, situs ini bisa melacak aktivitas di linkmu. 

Rebrandly

Situs short URL lainnya yang bisa Anda akses adalah Rebrandly. Situs ini dikenal sangat memudahkan pengguna yang ingin mempersingkat URL. Untuk bisa menggunakan fitur-fitur dalam shortener ini, Anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. 

Rebrandly menyediakan layanan persingkat URL secara gratis. Cara memperpendek link melalui Rebrandly sangatlah mudah, yaki tinggal memasukkan link yang ingin dipersingkat dan klik “Create Link”. 

Dik.si

Jika Anda mencari situs short URL lainnya asal dalam negeri, Dik.si bisa menjadi pilihan yang tepat. Situs ini menyediakan layanan mirip Bit.ly untuk membantu mempersingkat URL. Untuk mengakses fitur di dalam Dik.si, Anda perlu membuat akun dan login terlebih dahulu. 

Demikianlah rekomendasi beberapa short URL terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk memperpendek tautan. Sebelum membagikan tautan ke media sosial atau audiens lebih luas, sebaiknya persingkat URL terlebih dahulu agar memudahkan untuk diakses. Baca juga cara ubah foto menjadi HD secara online.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.