Lima Alternatif ini Bisa Anda Coba untuk Tambahkan Link ke Postingan Instagram Anda
Cara menambahkan tautan link ke posting Instagram (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda pengguna lama Instagram pasti menyadari salah satu kelemahan Instagram satu ini, yaitu Anda tidak dapat membagikan tautan dalam teks caption atau komentar di posting Instagram. 

Jika Anda mencoba menaruh link di caption atau komentar, link tersebut hanya akan muncul sebagai teks saja, dan tidak dapat ditautkan dan di klik oleh orang yang melihatnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut sehingga Anda dapat menambahkan tautan ke postingan Instagram Anda. 

Meskipun Anda tidak dapat langsung menempatkan URL hyperlink di postingan Instagram Anda, ada cara alternatif lain yang dapat melakukannya.

Tambahkan Tautan ke Bio Instagram Anda

Menambahkan link ke dalam Bio instagram merupakan salah satu cara paling sederhana. Anda dapat menaruh tautan, sehingga dapat di klik oleh orang banyak. Caranya juga sangat mudah, yaitu buka profil Instagram Anda > Edit Profil > Masukan link ke Bio > Pilih lambang "Ceklis" di bagian kanan atas jika sudah selesai. 

Gunakan Penyingkat URL di Caption Posting

Beberapa tautan bisa jadi sangat panjang dan sulit untuk diingat, Anda dapat menyingkat tautan Anda dapat menggunakan layanan penyingkat URL, seperti Bitly agar tautan Anda lebih mudah diingat.

Anda kemudian dapat meletakkan tautan singkat ini di keterangan posting Instagram Anda, sehingga teman Anda dapat mengingat dan mencari tautan tersebut sendiri. Anda dapat membuat tautan Anda dengan mudah.

Anda hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan akun gratis untuk mengedit tujuh karakter tersebut. Setelah masuk > klik Buat > tempel URL panjang Anda > lalu gunakan bidang Sesuaikan setengah bagian belakang untuk membuat string yang lebih mudah diingat. 

Buat Halaman Arahan Tautan

Namun, jika Anda tidak mau repot membuat tautan URL baru yang mudah diingat, Anda dapat menggunakan halaman arahan tautan seperti Campsite dan Linktree. Saat Anda mendaftar ke layanan ini, Anda mendapatkan tautan yang dipersonalisasi yang kemudian dapat Anda masukkan ke profil Instagram Anda.

Pada halaman ini, Anda dapat membuat daftar apapun yang Anda inginkan. Anda dapat menyesuaikan gambar profil, bio, tema, dan lainnya sehingga dapat memiliki branding yang mirip dengan halaman Instagram Anda.

Bagikan Tautan di Cerita Instagram

Meskipun Anda tidak dapat menaruh tautan di postingan Instagram, Anda masih dapat menaruh tautan tersebut di Stories Instagram Anda. Untuk menambahkan tautan ke Kisah Instagram Anda adalah Buat Cerita Instagram > Ketuk ikon stiker di bagian atas > Pilih stiker Tautan > Masukkan URL > Ketuk Selesai

Bayar untuk Postingan Instagram Bersponsor

Jika Anda sering melihat posting sponsor di timeline Anda, Anda juga dapat menggunakannya untuk menautkan link Anda. Fitur ini tidak untuk semua orang, tetapi jika Anda memiliki profil bisnis Instagram maka Anda dapat membayar untuk posting bersponsor di umpan utama atau di dalam Cerita. Ini bahkan akan muncul kepada orang-orang yang tidak mengikuti Anda tetapi termasuk dalam kisaran target yang Anda tentukan.