Cara Mengatasi AirPods yang Hanya Berfungsi Sebelah

 

JAKARTA – AirPods merupakan perangkat audio yang lebih efisien dibandingkan dengan headset. Selain karena cara menghubungkannya yang jauh lebih mudah, audionya pun jauh lebih berkualitas.

Meski canggih, AirPods  bisa mengalami beberapa masalah ketika digunakan. Masalah yang paling umum terjadi adalah AirPods yang berfungsi hanya sebelah. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama, mengutip dari Makeuseof, Anda bisa memeriksa baterainya terlebih dahulu. Jika baterai AirPods Anda habis, tentu perangkat audio itu tidak mau menyala. Untuk melihat apakah baterainya habis, coba untuk mengisi dayanya terlebih dahulu.

Sebelum diisi dayanya, masukkan AirPods ke dalam wadah pengisi, kemudian biarkan wadahnya terisi selama 30 hingga 60 detik. Setelah itu, buka wadahnya kembali dan dekatkan perangkat ke iPhone untuk melihat pop-up baterainya.

Jika salah satu earbuds-nya masih tidak aktif, mungkin ada masalah yang menyebabkan sambungan terputus. Ketika masalah berasal dari sambungannya, Anda bisa menggunakan cara berikutnya, yaitu memulai ulang perangkat yang terhubung.

Pertama, re-boot iPhone, Mac, atau perangkat apa pun yang terhubung ke AirPods. Setelah perangkat kembali menyala, aktifkan Bluetooth dan sambungkan AirPods ke perangkat yang Anda gunakan, lalu coba gunakan kembali AirPods Anda.

Jika cara di atas masih belum berhasil, coba untuk lupakan AirPods dari perangkat Anda. Pertama, buka Pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu, ketuk Bluetooth dan klik ikon informasi dengan huruf "I" di samping nama AirPods yang tersambung.

Berikutnya, ketuk opsi Lupakan Perangkat Ini di bagian paling bawah. Setelah itu, sambungkan lagi AirPods ke perangkat Anda. Jika sudah terhubung, kenakan AirPods Anda dan putar lagu apa pun untuk mengetahui apakah AirPods Anda sudah berfungsi dengan normal.