Selamat Tinggal! Google Podcast Resmi Tutup Usia di AS

JAKARTA – Google Podcast, platform khusus untuk mendengarkan siaran audio, telah ditutup di AS. Aplikasi tersebut masih bisa dibuka, tetapi Google akan memberikan pesan bahwa layanan mereka sudah tidak tersedia.

Informasi mengenai penutupan aplikasi ini sudah dibagikan sejak tahun lalu. Pada bulan September, perusahaan itu memberikan pratinjau bahwa mereka akan mengakhiri layanan Google Podcast. Tiga bulan berikutnya, mereka memperjelas tanggal penutupan aplikasi.

Mereka mengatakan bahwa Google Podcast tidak akan tersedia setelah 2 April dan kebijakan ini sudah diberlakukan. Dengan dihapusnya Google Podcast, para penggemar podcast kini harus beralih ke aplikasi YouTube Music.

Kabarnya, rencana penutupan Google Podcast telah muncul sejak tahun 2021 karena tulisan Google Podcast ditutup terpampang beberapa kali di aplikasi tersebut. Namun, tidak ada tanda-tanda penutupan aplikasi hingga Google memperbarui aplikasi YouTube Music.

Sejak awal tahun lalu, YouTube Music mendapatkan dukungan podcast di AS, kemudian diperluas ke berbagai negara. Google terus menambahkan fitur yang berkaitan dengan podcast, tetapi fiturnya belum sebaik aplikasi Google Podcast.

Hal ini tidak mengherankan karena Google Podcast memang didesain untuk satu tujuan, sedangkan YouTube Music menggabungkan kemampuan mendengarkan musik dan siaran podcast. Oleh karena itu, UI dari Google Podcast jauh lebih baik.

Hingga Google Podcast ditutup, YouTube Music masih belum memiliki fitur Tandai Sudah Diputar dan notifikasi episode baru. Kemungkinan, fitur ini masih dikembangkan dan akan diluncurkan dalam beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan mendatang.