Jay Idzes Jadi Pemain Terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Versi Polling AFC

JAKARTA - Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, berhasil membuat catatan positif dalam debutnya bersama Skuad Garuda. Pemain 23 tahun ini terpilih sebagai pemain terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2026 edisi Maret 2024 berdasarkan polling AFC.

Melalui laman resminya, AFC menggelar voting yang berlaku hingga Senin, 1 April 2024, pukul 00.30 WIB. Pemain yang masuk daftar voting dinilai dari dua pertandingan kualifikasi terakhir pada matchday ketiga dan keempat, 21 dan 26 Maret 2024.

Jay Idzes yang masuk daftar voting kemudian memperoleh 50 persen suara. Sementara kandidat lainnya, yaitu Mousa Al-Taamari (Yordania) mendapat 20 persen suara, Omar Khrbin (Suriah) dengan 14 persen suara, Sharif Muhammad (Afghanistan) dengan 9 persen suara, dan Oday Dabbagh (Palestina) dengan 6 persen suara.

Terpilihnya Jay Idzes ke dalam daftar pemain terbaik bukan tanpa alasan. Ia dipilih setelah bermain impresif dalam dua pertandingan Indonesia melawan Vietnam.

Pemain yang membela klub Serie B, Venezia, itu bermain apik saat debut dengan membantu Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, Idzes mencetak satu dari tiga gol Tim Merah-Putih saat menang telak 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi.

"Kehadiran Idzes membawa segudang pengalaman karena pernah bermain di klub-klub Belanda dan Italia," tulis AFC dalam ulasannya dikutip Selasa, 2 April 2024.

"Dia membantu Indonesia meraih dua kemenangan atas rival mereka di kawasan regional untuk memperkuat peluang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026."

Keberhasilan dua kali mengalahkan Vietnam membuat Jay Idzes dan kawan-kawan kokoh di posisi kedua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin.

Timnas Indonesia kini berada di bawah Irak yang sudah memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Dengan keunggulan empat poin atas Vietnam yang menempati peringkat ketiga, Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga sisa untuk melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.