Tingkatkan Daya Tawar di Eropa, Ford Pertimbangkan Produksi SUV Terbaru di Pabrik Spanyol

JAKARTA - Ford, perusahaan otomotif dari AS tengah mempertimbangkan merakit SUV terbaru di pabriknya di Valencia, Spanyol. Hal ini dilakukan meningkatkan daya tawar produk di Eropa.

“Mengingat perubahan yang kami lihat di industri otomotif saat ini, kami yakin ada peluang untuk menambahkan SUV multi-energi baru ke dalam rencana siklus Eropa, yang akan diproduksi di Valencia,” kata perusahaan dikutip dari Automotive News Europe, Senin, 1 April.

Pabrikan mengatakan bahwa hal ini masih tergantung pada keputusan formal. Laporan mengatakan bahwa kendaraan yang akan dirakit di negeri matador tersebut ialah hybrid dan model serba baru.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyambut kabar ini dengan baik dan merupakan hal yang positif bagi perekonomian dan pekerja Ford yang ada di Valencia.

“Keputusan perusahaan untuk memproduksi kendaraan listrik menjamin kelangsungan pabrik Almussafes di tahun-tahun mendatang,” kata Sanchez dalam akun resminya di X.

Sebelumnya, Ford mengatakan akan memproduksi kendaraan listrik generasi berikutnya di Valencia dengan platform baru yang dikembangkan di AS. Namun, belum disebutkan model EV apa yang akan diproduksi di tempat perakitan tersebut.

Pabrik Almussafes di Valencia telah mempekerjakan sekitar 5.400 pegawai dengan memproduksi sejumlah model, seperti Kuga, Transit Connect, dan sebelumnya telah merakit model Mondeo serta S-Max dan Galaxy yang dihentikan produksinya.