Tokopedia Hadirkan TokoMart, Punya Fitur Geo-Tagging

JAKARTA – Tokopedia meluncurkan halaman khusus bernama TokoMart. Hadirnya TokoMart diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

TokoMart menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti sembako, makanan dan minuman hingga kebutuhan rumah tangga lainnya dari penjual terdekat. Halaman khusus ini mengusung teknologi geo-tagging agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

“Sepanjang tahun 2020, kategori F&B menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia. Bahkan mengalami peningkatan transaksi sebesar 3x lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. Produk seperti telur, ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat,” kata Merchant Development Senior Lead Tokopedia, Hartawan Lesmana, dalam keterangan resminya, Rabu, 3 Maret.

Peningkatan tersebut membuktikan bahwa animo masyarakat sangat tinggi. Hal ini tidak lepas dari imbas Covid-19 yang mengarahkan masyarakat untuk mengurangi kontak langsung sehingga transaksi harus dilakukan secara online. Tokopedia berupaya menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat lewat TokoMart.

“Tingginya antusiasme masyarakat mendorong kami untuk menghadirkan TokoMart. kami juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat usaha di Indonesia, mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, Sayurbox hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri untuk menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman TokoMart,” tambah Hartawan.

Keunggulan TokoMart

Hadirnya TokoMart bisa membantu pelaku usaha untuk memperluas jangkauan konsumennya dengan tepat sasaran. Pasalnya TokoMart ini mengusung teknologi geo-tagging yang bisa memprioritaskan penjual terdekat dari tempat tinggal pembeli. Artinya, para pelaku usaha bisa memaksimalkan penjualan produknya karena mampu menyasar konsumen secara akurat.

Pada fase pertama, inovasi geo-tagging ini sudah berlaku untuk pegiat usaha yang bergabung dengan Tokomart dari wilayah Jabodetabek dan Bandung. Tokopedia akan terus menambahkan wilayah lainnya agar kemudahan ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, masyarakat yang membeli kebutuhan sehari-hari melalui TokoMart bisa mendapatkan ongkir yang lebih murah. Masyarakat juga bisa menikmati nilai tambah lain setiap harinya agar belanja lebih hemat melalui flash sale, cashback dan diskon hingga 50 persen.

Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa mendapat Bebas Ongkir untuk berbagai jenis pengiriman. Untuk informasi lainnya, masyarakat bisa mencari atau mengakses TokoMart lewat kolom pencarian di Tokopedia.

“Ke depannya, Tokopedia akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa berkolaborasi bersama para mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap, mudah dan hemat bagi masyarakat. Upaya bersama ini bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pelaku usaha, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional,” tutup Hartawan.