Ide Kreatif untuk Danus Mahasiswa, Mudah Cari Tambahan Dana

YOGYAKARTA - Ada berbagai sumber dana yang bisa diandalkan oleh organisasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan. Kebutuhan anggaran ini perlu dipersiapkan sebaik mungkin ketika menyusun program kerja. Supaya program tersebut bisa berjalan dengan lancar maka membutuhkan pendanaan yang cukup. 

Biasanya panitia pelaksana akan mengajukan proposal pendanaan kepada kampus. Namun terkadang dana bantuan yang diterima belum bisa menutup anggaran yang sudah direncanakan. Dalam kondisi ini, mahasiswa harus memutar otak untuk bisa mendapatkan uang dari sumber lain. 

Setiap ormawa atau panitia kegiatan mahasiswa akan mengadakan dana usaha (danus) untuk mencari uang secara mandiri. Di luar dari dana kampus dan sponsorship, divisi danus harus bekerja ekstra untuk mengumpulkan uang. Ada beberapa ide kreatif untuk danus yang bisa diterapkan oleh mahasiswa.

Ide Kreatif untuk Danus Mahasiswa

Sudah jadi hal biasa bagi mahasiswa untuk mencari dana tambahan buat menjalankan program kerja. Ketika mengetahui dana yang dikumpulkan masih kurang, maka panitia akan melakukan kegiatan dana usaha untuk mencukupi anggaran. 

Jangan kaget jika di kampus atau area sekitarnya melihat segerombolan mahasiswa yang berjualan barang atau makanan. Apabila melintasi di jalanan Jogja misalnya, kamu akan mungkin menjumpai sekelompok mahasiswa yang ngamen atau bernyanyi di pinggir jalan. Aktivitas-aktivitas tersebut termasuk contoh dana usaha untuk mencari tambahan uang. 

Kegiatan danus semakin mudah di era digital seperti sekarang ini. Mahasiswa bisa memanfaatkan platform online untuk mencari tambahan dana. Bagi mahasiswa yang ingin mengadakan program kerja, berikut ini ide kreatif untuk danus baik secara online maupun offline:

Jualan Merchandise

Sumber penghasilan lainnya yang bisa dijadikan dana usaha adalah jualan merchandise. Caranya tinggal membuat produk-produk yang berkaitan dengan dunia kampus dan kebutuhan mahasiswa. Anda juga bisa menawarkan merchandise yang menjadi ikon dari tema acara. 

Contoh produk merchandise yang bisa dijual yaitu seperti kaos, totebag, topi, buku catatan, dan lainnya. Penjualan merchandise bisa dilakukan secara langsung dengan menawarkan kepada teman-teman mahasiswa dan dosen. Anda juga harus memanfaatkan media sosial untuk promosi secara lebih luas. 

Menyelenggarakan Live Music

Acara live music disenangi banyak orang sebagai hiburan. Panitia acara bisa melakukan live music untuk mendapat dana tambahan. Nggak harus konser dalam bentuk besar, namun cukup bisa dilakukan dengan live music di kafe. 

Panitia yang punya bakat musik bisa melakukan akustikan di kafe atau tempat-tempat keramaian. Dalam acara tersebut tinggal mengadakan fundraising untuk mengumpulkan dana dari pengunjung. Selain berguna untuk menambah dana anggaran, kegiatan ini juga membantu mengasah potensi mahasiswa di bidang musik.

Jasa Freelance

Jasa freelance juga bisa menjadi kegiatan menarik untuk danusan. Apalagi saat ini menawarkan jasa freelance semakin mudah berkat adanya platform digital. Tinggal mencari siapa saja mahasiswa atau anggota panitia yang ingin membuka jasa di bidang tertentu. 

Pekerjaan freelance yang ditawarkan disesuaikan dengan skill mahasiswanya, bisa itu jasa fotografi, desain grafis, web development, dan lainnya. Namun supaya tidak memberatkan dan memperbudak mahasiswa, perlu diterapkan sistem share revenue untuk pembangian komisi. 

Jasa Penulisan Artikel atau Makalah

Panitia program acara juga bisa menawarkan jasa penulisan sebagai upaya mengumpulkan dana usaha. Anda bisa membuat jasa penulisan untuk membantu teman-teman mahasiswa. Misalnya penulisan untuk makalah atau artikel. 

Jasa penulisan ini cukup banyak dibutuhkan oleh mahasiswa yang kesulitan mengerjakan tugas kuliah. Namun perlu diingat bahwa jasa yang diberikan hanya sekadar membantu. Bukan sepenuhnya menjadi joki tugas dari mahasiswa lain. 

Menggelar Bazar

Ide menarik lainnya yang bisa dilakukan sebagai kegiatan danus adalah membuat bazar. Kegiatan yang satu ini cukup efektif untuk mendulang dana dalam jumlah banyak. Tak perlu acara yang mewah, Anda bisa mengadakan bazar secara sederhana namun kreatif. 

Panitia bisa mengadakan bazar di aula atau halaman kampus dengan perizinan dari pihak universitas. Adakan bazar selama beberapa hari dengan menjual berbagai jenis produk atau barang. Misalnya berjualan cemilan, makanan buatan sendiri, barang preloved, buku, dan lainnya. 

Demikianlah beberapa ide kreatif untuk danus mahasiswa supaya cepat mengumpulkan dana. Kegiatan danus bisa menjadi alternatif sumber dana ketika belum mencukupi anggaran yang dirancang. Baca juga tips memilih beasiswa yang tepat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.