Sensasi Berkendara Singkat Chery Tiggo 5X, Suspensi Nyaman dan Kaya Fitur

JAKARTA - Chery Indonesia memperluas jajaran mobil seri Tiggo dengan memperkenalkan 5X pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Mobil yang masuk ke dalam segmen crossover ini dipastikan akan meluncur pada Mei 2024. Nah, kali ini tim VOI berkesempatan menjajal mobil satu ini di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 untuk merasakan sensasi berkendaranya, meski singkat. 

Sebelum membahas lebih detail tentang mobil satu ini, tak lengkap rasanya jika mendeskripsikan terlebih dulu dari desain. 

Desain

Terlihat mobil satu ini memiliki dimensi yang lebih kecil daripada saudara lainya yaitu Tiggo 7 dan Tiggo 8. Pada bagian depan dilengkapi dengan lampu LED dan fitur daytime running dengan material crystal diamond lens, membuatnya terlihat fashionable. Terlebih disematkan juga aksen gril yang juga hadir pada model Tiggo lain. 

Hadir dengan dimensi panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.670 mm dan membuatnya memiliki kesan yang tergolong lapang pada bagian interior, dan menawarkan segudang kemewahan. 

Desain Interior Chery Tiggo 5X/FOTO: Afrizal-VOI

Fitur 

Seperti jelaskan di atas, bagian interiornya menawarkan segudang kemewahan seperti sistem hiburan layar sentuh 10,25 inci dengan fitur konektivitas bluetooth dan USB, MID 7 inci TFT cluster, dan sudah terhubung dengan Carplay Android. Sementara itu, juga dilengkapi dengan AUTOIntelligent voice, interactive operation dan 360°HD Panoramic membuat kabin terasa lebih luas. 

Rasa berkendara

Kini mulai masuk ke rasa berkendara Tiggo 5X, ketika masuk ke dalam kabin posisi duduk sebagai pengemudi tergolong nyaman meski pengaturan kursi masih manual. Visibilitas atau pandangan ke depan juga tak terhalang alias nyaman. 

Tenaganya juga tergolong instan ketika diajak berakselerasi, suspensinya nyaman namun ketika diajak bermanuver agak sedikit limbung tapi masih bisa ditoleransi. Ketika menjadi penumpang juga tergolong nyaman. 

Mesin 

Chery Tiggo 5X menggendong mesin 1.5 VVTdengan tenaga maksimum 112 hp, torsi 138 Nm dipadukan dengan transmisi otomatis CVT 7 Speed, dengan tenaga tersebut akselerasinya tergolong bertenaga, pengereman juga cukup baik berkat kehadiran cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock BrakingSystem). 

Kesimpulan

Secara keseluruhan desain yang ditawarkan sangat menarik dan rasa berkendara juga nyaman, hanya saja sedikit limbung ketika diajak bermanuver.