Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Tambah Opsi Kiper di Timnas Indonesia

JAKARTA - Timnas Indonesia mendapat tambahan opsi pemain di bawah mistar gawang setelah Cyrus Margono resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Penjaga gawang ini menuntaskan prosesnya setelah menjalani pengambilan sumpah setia sebagai WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis, 21 Maret 2024, pagi WIB.

Dipimpin Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, proses pengambilan sumpah Cyrus berjalan singkat dan lancar. Setelah ini, Cyrus hanya tinggal mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor sebagai pelengkap identitasnya sebagai WNI.

Berbeda dengan rekan-rekan yang sebelumnya mengambil sumpah WNI lewat jalur naturalisasi, Cyrus justru mendapat pengajuan menjadi WNI melalui jalur Sekretariat Negara (Setneg) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kumham).

Soalnya, dia bertujuan mengambil kewarganegaraan Indonesia yang sempat dilepas sebelumnya melalui jalur aturan baru Kemenkumham yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2022 tentang Tata Cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Situasi itu serupa dengan yang dialami bek Timnas Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott. Kala itu, Elkan memilih menjadi warga negara Indonesia saat usianya di bawah 20 tahun. Setelah menuntaskan proses perpindahan, ia kini sudah memegang Kartu Tanda Penduduk sejak November 2021.

Keinginan Cyrus untuk mendapatkan status WNI sudah diungkapkan sejak 2022. Lewat sebuah wawancara di kanal YouTube KR TV, Cyrus yang juga memiliki darah Iran merasa lebih dekat dengan Indonesia dan berniat membela Tim Merah-Putih.

Namun, PSSI tak kunjung mewujudkan perpindahan kewarganegaraannya hingga akhirnya dia mengurusnya lewat Kemenpora.

Cyrus merupakan pemuda kelahiran Mount Kisco, Amerika Serikat, pada 9 November 2001. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah, sementara ibunya berasal dari Iran.

Saat ini, Cyrus terdaftar sebagai pemain yang memperkuat klub Yunani, Panathinaikos B. Sejak bergabung pada 2021, dia telah bermain sebanyak 17 kali di divisi kedua Liga Yunani atau Super League 2 dengan catatan tiga kali clean-sheet dan 24 kali kebobolan.

Cyrus memiliki peluang untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia pada masa depan setelah resmi menjadi WNI.

Pesepak bola yang menempati posisi kiper ini bisa menjadi opsi bagi pelatih Shin Tae Yong untuk memanaskan persaingan di bawah mistar Tim Merah-Putih.