Bocoran AMD Zen 5, Penerus Arsitektur Prosesor Zen 4

 JAKARTA – Advanced Micro Devices (AMD), pengembang prosesor komputer, meluncurkan arsitektur prosesor Zen 4 pada tahun 2022. Kabarnya dalam waktu dekat, AMD akan meluncurkan Zen 5.

Mengutip dari Makeuseof, AMD Zen 5 akan hadir di paruh kedua tahun ini. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh perwakilan perusahaan yang tidak disebutkan namanya. Arsitektur Zen 4 juga diluncurkan di awal paruh kedua. 

High Yield, pembocor informasi AMD yang cukup populer, sempat mengatakan bahwa Zen 5 akan diluncurkan antara April hingga Juni. Rumor lainnya menyebutkan bahwa Zen 5 akan diluncurkan di Computex 2024.

Selain informasi mengenai waktu peluncurannya, beberapa sumber mengatakan bahwa Zen 5 akan diluncurkan dengan prosesor Ryzen 9000 series. Chipset ini merupakan peningkatan dari Zen 4 yang meluncurkan Ryzen 7000.

Sementara itu, Performancedatabases baru-baru ini mengungkapkan bahwa Zen 5 Strix Point memiliki empat inti kinerja dan delapan inti efisien. Dukungan kinerja dan efisiensi ini mirip dengan E-core dan P-core dari Intel.

Belum diketahui apakah arsitektur big.LITTLE akan bertahan di desktop seri 9000. Namun, desain ini sudah digunakan di prosesor Ryzen 8500G dan 8300G. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika desainnya digunakan di chip Zen 5.

Rumor terakhir mengenai Zen 5 adalah motherboard AMD AM5 Socket yang kompatibel dengan arsitektur tersebut. Seluruh informasi ini belum pernah dikonfirmasi secara gamblang oleh AMD sehingga kita masih perlu menunggu pengumuman resminya.