Mobil Listrik Turun Harga karena Stok Melimpah, Mobil Listrik Bekas Dikuasai Tesla

JAKARTA - CarGurus adalah situs web penelitian dan belanja otomotif yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) yang membantu konsumen membandingkan daftar harga untuk mobil bekas dan baru.

Laporan terbaru CarGurus untuk bulan Februari 2024 (CarGurus' February Intelligence Report) cukup menarik untuk dicermati soal kondisi penjualan mobil listrik baru dan bekas di AS.

Dalam laporannya disebut, pilihan mobil listrik baru semakin banyak dan harganya pun sedang mengalami penurunan. Ini merupakan dampak positif dari tingginya stok mobil listrik yang tersedia di dealer.

Menurut isi laporan tersebut, dikutip dari Autoblog, 12 Maret, menyebutkan penurunan harga mobil listrik baru sebesar 8.2 persen dihitung sejak Februari 2023. Penurunan ini seiring dengan lonjakan stok mobil listrik saat ini hingga 174 persen.

Sementara itu, harga mobil listrik bekas juga menunjukkan tren serupa. Harga rata-rata mobil listrik bekas turun lebih dari 20 persen, meski kenaikan stoknya hanya sekitar 27 persen.

Namun yang menjadi sorotan adalah meski mengalami penurunan, harga mobil listrik secara keseluruhan masih lebih mahal dibandingkan mobil bensin. 

Laporan CarGurus menyebutkan rata-rata mobil listrik baru berada di dealer selama 107 hari, sedangkan mobil bensin baru hanya 76 hari. Untuk mobil listrik bekas, angka ini sedikit lebih baik, yaitu 81 hari dibandingkan 84 hari untuk mobil bensin bekas.

Studi CarGurus juga menemukan fakta menarik mengenai mobil listrik yang paling cepat dan lambat laku. Ford E-Transit menjadi yang paling lama di dealer, yaitu selama 159 hari. Berikut ini daftar 5 mobil listrik baru dengan penjualan tercepat dan terlambat di tahun 2024:

Penjualan 5 Mobil Listrik Baru Tercepat 2024 (lama di dealer):

  • Kia EV9: 22 hari
  • GMC Hummer EV SUV: 27 hari
  • Hyundai Kona Electric: 30 hari
  • Mini Cooper Electric: 35 hari
  • Cadillac Lyriq: 37 hari
  • Rata-rata keseluruhan: 80 hari

Penjualan 5 Mobil Listrik Baru Terlambat 2024 (lama di dealer):

  • Mercedes-Benz EQS: 121 hari
  • VW ID.4: 122 hari
  • Ford Mustang Mach-E: 151 hari
  • Mercedes-Benz EQS: 157 hari
  • Ford E-Transit: 159 hari

Menariknya lagi untuk mobil listrik bekas, Tesla Model 3 dan Model Y menjadi yang paling laris, sedangkan Polestar 2 dan BMW iX paling lama laku. Sementara itu, di segmen hybrid, Toyota dan Honda mendominasi pasar mobil baru. Sedangkan untuk mobil bekas, Ford Maverick menjadi raja dengan catatan waktu hanya 27 hari di dealer.