Saat Anak Menghadapi Hal Baru, Begini 8 Cara Ortu Bantu Redakan Kekhawatiran

YOGYAKARTA – Anak-anak dalam masa pertumbuhannya, mereka mengalami hal-hal baru. Mulai dari berkenalan dengan teman sebaya, mulai sekolah, berkompetisi saat olahraga, hingga belajar berenang. Saat mereka menghadapi hal baru tersebut, anak-anak dan orang tuanya tentu merasa gelisah atau khawatir. Ini wajar, karena perlu mempersiapkan diri, mengukur kesiapan, dan keamanan. Untuk membantu redakan kekhawatiran pada anak-anak saat menghadapi hal-hal baru, berikut cara yang perlu dilakukan ortu.

1. Habiskan waktu bersama mereka

Menghabiskan waktu bersama anak-anak, idealnya dilakukan setiap hari. Tetapi saat mereka menghadapi tantangan baru, usahakan bersama mereka. Lakukan hal yang Anda dan anak-anak sukai. Seperti jalan-jalan, memasak, makan, bermain. Yang penting membuat mereka tertawa bersama Anda. Selain membuatnya lebih tenang, cara ini juga membangun ikatan positif.

Ilustrasi cara ortu membantu redakan kekhawatiran anak (Freepik/jcomp)

2. Tanyakan apa yang mereka pikirkan

Penting bagi orang tua untuk membantu anak-anak memberi label pada apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Mereka mungkin tidak punya banyak hal yang ingin dikatakan. Tetapi beri tahu anak untuk terbuka dan menjadi pendengar yang baik bagi mereka jika membutuhkan berbicara kapan saja.

3. Dengarkan dengan sabar

Bagi orang tua baru, untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak perlu latihan. Ini penting supaya bisa mendengarkan semua keluh-kesah atau kisah mereka dengan penuh perhatian. HIndari terlalu cepat memberi nasihat. Biarkan dulu mereka curhat dan dengarkan dengan tenang apa yang mereka katakan.

4. Terima apa yang mereka rasakan

Terlalu cepat merespons, justru membuat anak merasa terhimpit. Cobalah untuk memahami apa yang anak-anak rasakan terlebih dahulu. Hindari mengatakan “tidak ada yang perlu dikhawatirkan”. Cukup terima kekhawatiran mereka dan biarkan mereka merasa lebih tenang.

Ilustrasi cara ortu membantu redakan kekhawatiran anak (Freepik)

5. Batu anak-anak memikirkan menangani berbagai hal

Anda tidak perlu menangani semua hal yang dikhawatirkan anak-anak. Tetapi tetap penting memastikan mereka aman. Lebih penting lagi, pada momen anak-anak merasa khawatir, ajaklah mereka memikirkan cara menanganinya. Biacarakan bersama dan ingatkan bahwa mencoba sesuatu yang baru baik untuk mereka belajar. Jangan lupa, tawarkan bantuan sesuai kebutuhan mereka.

6. Bantu mereka berlatih

Jika memungkinkan, bantulah anak-anak memecahkan tantangan baru menjadi langkah-langkah kecil. Misalnya rutin latihan untuk kompetisi renang atau tantangan baru lainnya. Biarkan mereka berlatih selangkah demi selangkah dan rayakan setiap kesuksesan.

Memberi pujian artinya menghargai usaha yang dilakukan anak. Beri tahu mereka bahwa Anda bangga. Selain juga membantu mereka rileks agar stres dan kekhawatiran tidak menumpuk.

7. Bantu mengharapkan hal-hal baik

Mintalah anak-anak berbagi tentang hal apa saja yang berjalan dengan baik dan yang mereka nantikan. Tanyakan tentang hal baik yang mereka alami setiap harinya. Ceritakan juga hal-hal buruk yang mereka alami. Melansir Kids Health, Kamis, 7 Maret, cara ini juga membangun pemahaman anak bahwa tidak apa-apa merasa khawatir. Saat membicarakan kekhawatiran mereka bersama Anda, fokuskan momen-momen indah yang mereka alami.

8. Menenangkan dan membuat mereka nyaman

Kadang-kadang, anak-anak diliputi rasa khawatir. Pada momen ini, mencoba membicarakannnya secara menyeluruh akan membantu menenangkan. Anda juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dan mendengarkan cerita mereka dengan penuh perhatian. Ajarkan pula pernapasan yang menenangkan saat mereka menghadapi tantangan.

Itulah kedelapan cara ortu membantu anak-anak saat khawatir menghadapi hal baru. Karena kekhawatiran mungkin memengaruhi tidur atau nafsu makan, pastikan mereka mendapatkan keduanya dengan cukup. Jika kekhawatiran cukup parah, penting untuk berkonsultasi pada profesional atau pakar kesehatan mental.