Tingkatkan Teknologi Payroll, Deel Mengakuisisi PaySpace

JAKARTA – Deel, pengembang platform Human Resource (HR), mengakuisisi PaySpace, perusahaan payroll dan penyedia solusi HR asal Afrika. Pengumuman ini dibagikan pada Rabu, 6 Maret.

PaySpace telah mengembangkan teknologi payroll selama lebih dari 20 tahun. Perusahaan tersebut menyediakan instrumen payroll dan layanan HR di 44 negara. Dari segi skala dan jangkauan, PaySpace menghadirkan teknologi dan keahlian yang mumpuni. 

Dengan mengakuisisi PaySpace, Deel yakin bisa menjadi Employer of Record (EOR) pertama dengan instrumen payroll full-stack. Deel juga berpotensi menjadi sistem rekam organisasi HR yang menyediakan interface sederhana di seluruh dunia. 

CEO Deel, Alex Bouaziz, mengatakan bahwa perusahaannya ingin membuat sistem payroll yang paling komprehensif di seluruh dunia. Maka dari itu, Deel memutuskan untuk mengakuisisi PaySpace. 

"Keahlian penggajian platform tunggal PaySpace dan cakupannya yang luas, khususnya di Afrika dan Timur Tengah, digabungkan dengan eksistensi PayGroup di Asia Pasifik, akan memberikan jangkauan yang dibutuhkan pelanggan Deel untuk pengembangan usaha mereka secara global," kata Alex dalam rilis yang VOI terima. 

Sementara itu, Direktur PaySpace Clyde van Wyk mengatakan bahwa Deel memiki proses pengembangan yang sama dengan perusahaannya. Dengan dilakukannya akuisisi ini, Wyk menyatakan bahwa teknologi payroll yang mereka buat tak akan tertandingi. 

"Akuisisi ini menggabungkan layanan pekerjaan terkemuka dan kepiawaian teknologi payroll, menghasilkan proposisi yang unik dan efektif bagi pelanggan dengan otomatisasi, fleksibilitas, dan skalabilitas tak tertandingi," ungkap Wyk. 

Beberapa waktu lalu, Deel juga mengumumkan bahwa perusahaannya telah mengakuisisi Zavvy, platform pemberdayaan manusia yang mencakup perkembangan karier, pengelolaan kinerja, dan program pelatihan.

Di tahun 2022, Deel juga mengakuisisi PayGroup Limited, perusahaan payroll dan Human Capital Management (HCM) di Asia Pasifik. Perusahaan ini berhasil meningkatkan keberadaan Deel di kawasan Asia Pasifik secara strategis.