Begini Cara Mengunduh Aplikasi Apple TV di Ponsel dan Tablet Android

 

JAKARTA – Apple TV merupakan layanan streaming acara dan film seperti Prime Video dan Netflix. Aplikasi ini memiliki berbagai macam jenis tayangan, mulai dari fiksi ilmiah, petualangan, hingga horor. 

Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat Android. Jika pengguna ingin menonton Apple TV, mereka harus membuka layanan streaming tersebut melalui situs web atau menginstal versi Progressive Web App (PWA). 

PWA merupakan metode alternatif untuk mengakses berbagai aplikasi yang tidak bisa diunduh di Google Play Store. Model aplikasi ini terintegrasi dengan browser, tetapi memiliki tampilan yang berbeda dengan situs webnya. 

Saat mengunjungi situs web Apple TV, pengguna akan melihat bilah alamat, pengalihan tab, dan kontrol browser di bagian atas layar. Namun, saat mengunduh versi aplikasi web, ketiga fitur tersebut akan hilang agar aksesnya bisa jauh lebih cepat. 

Untuk menginstal PWA Apple TV, pengguna Android hanya perlu membuka Google Chrome. Setelah itu, buka situs web Apple TV, klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan layar, lalu cari opsi Instal Aplikasi di antara menu Translate dan Desktop Site. 

Saat pop-up instal aplikasi terlihat, klik instal dan tunggu hingga aplikasinya terunduh. Setelah itu, pengguna bisa langsung membuka aplikasinya, melakukan proses login, dan menonton tayangan yang mereka inginkan jika sudah berlangganan. 

Sebenarnya, Apple TV tersedia di Play Store, tetapi khusus untuk perangkat televisi dengan dukungan Android atau Google TV. Apple sengaja tidak menghadirkan aplikasi mereka untuk ponsel dan tablet Android, tetapi alasannya masih tidak diketahui.