Perluas Segmen Pasar, VinFast Bakal Hadirkan Mobil Mirip Suzuki Jimny di India

JAKARTA - VinFast, produsen mobil asal Vietnam, merupakan salah satu pemain baru dalam industri otomotif global. Namun, pabrikan ini berani melakukan gebrakan untuk memperluas pasar di berbagai negara, salah satunya India.

Dilansir Autocar India, Rabu, 28 Februari, dilaporkan bahwa VinFas telah mengajukan paten desain untuk model VF 3 bagi pasar India. Diketahui,  VF 3 ini melakukan debut globalnya dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, AS, bulan Januari lalu.

Sayangnya, pihak VinFast belum mengonfirmasi kabar mengenai pengajuan paten desain tersebut. Namun, kehadiran SUV berbadan kecil ini akan disambut baik oleh konsumen di India mengingat pasar kendaraan berdimensi kecil cukup ramai peminat.

Sekilas, VinFast VF 3 menampilkan desain yang mirip dengan Suzuki Jimny, dengan blok geometris yang kokoh dan garis yang lebih ramping, serta ground clearance yang tinggi dan pelek berukuran 16 inci. Dengan demikian, SUV ini memberikan kesan tangguh untuk menghadapi berbagai medan.

Disebut sebagai ‘mini-eSUV’, VF 3 memiliki dimensi panjang 3.213 mm, lebar 1.678 mm, dan tinggi 1.620 mm. VinFast menyatakan bahwa dimensi ini cukup proporsional untuk mobilitas perkotaan.

Meskipun kompak, interior VF 3 dapat menampung lima orang dengan ruang interior yang lapang. Bagian dalamnya dilengkapi dengan sistem infotainment canggih berukuran 10 inci yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Mobil ini juga memiliki kapasitas muatan yang besar untuk menyimpan banyak barang. Dengan melipat kursi baris kedua, ruang kargo belakang dapat menampung hingga 550 liter. Meskipun rincian spesifikasinya belum diungkap, pabrikan mengungkap bahwa model ini akan memiliki daya jangkauan 201 km saat baterai terisi penuh.

Tahun ini, VinFast akan mulai menerima reservasi awal untuk VF 3. Rincian waktu reservasi, pengiriman kendaraan, harga, dan kebijakan garansi akan diumumkan menyusul untuk setiap pasar.