Samsung Sertakan Fitur Galaxy AI di Pembaruan One UI 6.1

JAKARTA – Samsung akan meluncurkan One UI 6.1 pada Maret mendatang. Pembaruan sistem operasi (OS) ini akan menyertakan sembilan fitur Galaxy AI yang sebelumnya hanya ada di seri Galaxy S24.

Dari rilis yang Samsung bagikan pada Kamis, 22 Februari, fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) ini akan tersedia di seri Galaxy S23, S23 FE, Z Fold 5, Z Flip 5, dan Tab S9. Pembaruan ini akan mengombinasikan AI dengan sistem on-device dan cloud-based.

Kepala Bisnis Mobile eXperience Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa pendekatan AI secara hybrid ini dilakukan untuk memelopori era baru AI di perangkat seluler. Penambahan fitur AI ini akan meningkatkan user experience di perangkat Galaxy.

“Ini hanyalah permulaan dari Galaxy AI, karena kami berencana untuk menghadirkan pengalaman ini kepada lebih dari 100 juta pengguna Galaxy pada tahun 2024 dan terus berinovasi dalam cara memanfaatkan kemungkinan tak terbatas dari AI seluler," kata Roh.

Fitur pertama yang akan diluncurkan di One UI 6.1 adalah Chat Assist untuk melancarkan komunikasi. Fitur ini bisa menyesuaikan nada pesan dan menerjemahkan pesan dari 13 bahasa. Pengguna juga akan merasakan fitur Live Translate untuk interaksi secara real-time.

Berikutnya, Samsung akan menambahkan fitur Circle to Search. Secara ekslusif, fitur ini baru tersedia di seri Galaxy S24 dan perangkat Pixel buatan Google. Fitur ini bisa mencari objek dengan cepat hanya dengan mengambil gambar dan melingkari objeknya.

Selanjutnya, pembaruan One UI 6.1 akan mendapatkan fitur Note Assist untuk membuat format, membuat ringkasan, dan menerjemahkan catatan. Ada juga fitur Browsing Assist untuk menghasilkan ringkasan artikel atau berita dan fitur Transcript Assist untuk mentranskripkan rekaman rapat.

Samsung juga akan menyertakan fitur Generative Edit untuk mengubah atau menyelaraskan objek dalam foto, fitur Edit Suggestion untuk mempercepat proses pengeditan, dan fitur Instant Slow-mo untuk video gerak yang lambat.