Empat Operator Telekomunikasi Indonesia Luncurkan Tiga Layanan API untuk Tingkatkan Keamanan

JAKARTA - Empat operator telekomunikasi di Indonesia termasuk Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan Smartfren, meluncurkan tiga layanan Application Programming Interface (API), yakni Number Verify, SIM Swap, dan Device Location.

Sebagai bagian dari penerapan inisiatif global GSMA Open Gateway, layanan API ini ditujukan untuk memberikan peningkatan keamanan dan pengalaman bagi para pelanggan. 

API Number Verify sendiri merupakan layanan yang bertujuan untuk mempermudah verifikasi nomor ponsel pengguna, memastikan otentikasi yang kuat, serta dapat mengatasi masalah seperti kegagalan pengiriman SMS atau tantangan teknologi pengguna. 

Kemudian, SIM Swap akan digunakan untuk mendeteksi perubahan terbaru pada kartu SIM atau nomor ponsel, di mana sangat penting dalam mencegah pengambilalihan akun, terutama selama transaksi keuangan. 

Sedangkan Device Location akan memungkinkan sebuah organisasi untuk mengonfirmasi lokasi spesifik suatu perangkat, meningkatkan deteksi penipuan dan akurasi untuk layanan seperti aplikasi pengiriman, yang juga dapat mencegah manipulasi GPS dan aktivitas penipuan.

“Inisiatif antara perusahaan telekomunikasi Indonesia ini bertujuan untuk membangun interkoneksi antar operator yang dapat memberikan dampak kemajuan industri telekomunikasi,” kata Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Soon Nam dalam pernyataannya, dikutip Kamis, 22 Februari. 

Sehingga, Soon Nam menambahkan, inisiatif ini bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui platform dan layanan digital yang akan semakin mendorong kemajuan bangsa. 

Sedangkan Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat mengatakan bahwa kolaborasi ini menunjukkan komitmen opsel di Indonesia untuk menggerakkan kemajuan ekonomi di Indonesia dari sektor teknologi dan digitalisasi.