Dosa yang Tidak Diampuni pada Malam Nisfu Sya'ban, Umat Muslim Wajib Tahu

YOGYAKARTA - Malam Nisfu Sya’ban merupakan salah satu momen yang istimewa dalam Islam. Umat muslim selalu menantikan malam pertengahan di bulan Sya’ban sebagai waktu untuk pengampunan dosa-dosa. Namun penting untuk diketahui juga ada dosa yang tidak diampuni pada malam Nisfu Sya’ban. 

Malam Nisfu Sya’ban disebut sebagai malam yang istimewa karena pada waktu ini ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh umat muslim. Malam Nisfu Sya’ban juga dikenal sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan. Diyakini pada malam tersebut Allah SWT akan mengampuni semua dosa manusia. 

Itulah mengapa dalam keyakinan agama Islam, malam Nisfu Syaban menjadi malam yang mulia setelah malam Lailatul Qadar. Lantas kapan malam Nisfu Syaban dan apa saja keutamaannya bagi umat Muslim?

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Malam Nisfu Sya’ban sebagai malam pengampunan disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu’adz bin Jabal. Berikut ini Sabda Rasulullah saw yang dijabarkan dalam hadits tersebut:

يطَّلِعُ اللهُ إلى جَمِيْعِ خَلقِه ليلةِ النِّصفِ مِن شعبانَ فيغفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِه إلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشاحِنٍ 

Artinya: “Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya‘ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan.” 

Malam Nisfu Sya’ban dijelaskan sebagai malam pengampunan dosa, sehingga umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan amalan sunnah seperti shalat dan banyak berdoa. Meskipun kualitas hadits di atas bersifat dha’if atau lemah, namun tetap dapat diamalkan karena terkait dengan fadhailul a’mal. Hal ini merupakan pendapat dari mayoritas ulama hadits yang mana disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Taqrib-nya. 

Doa Malam Nisfu Sya’ban

Saat memasuki malam Nisfu Sya’ban, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa sebagai amalan. Hal ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“(Rahmat) Allah turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Doa yang sebaiknya dipanjatkan untuk memperoleh keutamaan malam Nisfu Syaban ada tiga, yaitu:

  • Meminta panjang umur
  • Mendapat keberkahan rezeki
  • Wafat membawa iman dan Islam (husnul khatimah)

Dosa yang Tidak Diampuni pada Malam Nisfu Sya’ban

Namun disamping keutamaannya sebagai malam pengampunan dosa, dalam malam Nisfu Sya’ban dijelaskan juga ada dua dosa yang tidak diampuni oleh Allah. Dosa yang tidak diampuni pada malam Nisfu Sya’ban adalah dosa besar yang berupa perbuatan musyrik atau menyekutukan Allah dan tindakan munafik yang menimbulkan perpecahan. 

Dosa Syirik dan Munafik

Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, dosa-dosa yang tergolong sebagai dosa besar tidak akan mendapat pengampunan pada malam Nisfu Sya’ban dan malam pengampunan lainnya. Dosa-dosa seperti syirik dan munafik tersebut harus dijauhi baik di malam Nisfu Sya’ban, asyhurul hurum, bulan Ramadhan, dan malam-malam pengampunan lainnya. 

Hal tersebut berdasarkan hadits riwayat Bukhari, Tirmidzi, dan An-Nasa’i dari Ibnu Mas’ud:

“Abdullah bin Mas’ud bertanya, ‘Wahai Rasulullah, dosa apakah yang paling berat?’ Kemudian Rasulullah menjawab, ‘menjadikan suatu hal sebagai persamaan dari Allah yang telah menciptakanmu (syirik)’.”

Dosa Durhaka dan Zina

Jenis dosa lainnya yang tidak akan diampuni pada malam Nisfu Sya’ban adalah durhaka pada orang tua dan zina. Dosa-dosa tersebut juga tidak akan mendapat pengampunan di malam lain seperti asyhurul hurum dan Ramadhan. 

“Kemudian Abdullah berkata, ‘Apalagi wahai Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Membunuh orang tuamu karena engkau takut dia makan bersamamu.’ Abdullah bertanya lagi, ‘Kemudian apalagi wahai Rasul?’ ‘Kamu berzina dengan istri tetanggamu.” Hadits riwayat Bukhari, Tirmidzi, dan An-Nasa’i dari Ibnu Mas’ud.

Demikianlah penjelasan dari keutamaan malam Nisfu Sya’ban yang wajib dipahami oleh umat Muslim. Selain itu, hindari juga dosa-dosa yang tidak diampuni pada malam Nisfu Sya’ban sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. Baca juga sholawat Nuril Anwar dan artinya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.