Enggak Sulit, Begini Cara Menghapus Aplikasi di Launchpad dan Finder MacBook

JAKARTA – Komputer pribadi (PC) dengan sistem macOS dan Windows memiliki cara kerja yang berbeda. Jika Anda baru beralih ke perangkat MacBook buatan Apple, Anda mungkin bingung dengan beberapa hal.

Salah satu hal yang mungkin Anda pertanyakan adalah cara menghapus atau mencopot aplikasi dari perangkat dengan sistem macOS tersebut. Sebenarnya, cara mencopot aplikasi ini tidak sulit, tetapi caranya cukup beragam.

Pertama, Anda bisa menghapus aplikasi melalui Launchpad. Untuk membuka Launchpad, cari ikon yang berisi sembilan kotak di Dock, kemudian klik ikon tersebut. Cara lainnya adalah dengan mengeklik tombol enam kotak di keyboard.

Setelah Launchpad terbuka, klik dan tahan aplikasi yang ingin dihapus hingga semua ikon yang terlihat bergetar. Setelah itu, klik tombol hapus yang berbentuk tanda X di sisi kiri atas aplikasi. Jika sudah diklik, aplikasi akan langsung terhapus.

Sayangnya, tak semua aplikasi memiliki tombol hapus. Jika hal itu terjadi pada aplikasi yang ingin Anda hapus, maka Anda tidak bisa menghapus aplikasi tersebut melalui Launchpad. Anda bisa mencopot aplikasinya melalui Finder.

Mengutip dari The Verge, Anda perlu membuka ikon Finder yang ada di Dock. Ikon ini berbentuk kotak dengan wajah yang tersenyum. Setelah itu, cari menu aplikasi di sisi kiri jendela dan cari aplikasi yang ingin dicopot dari Launchpad.

Klik aplikasinya, lalu tarik aplikasi tersebut ke Tempat Sampah yang terlihat di Dock. Anda juga bisa menyingkirkan aplikasinya secara langsung dengan mengeklik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih menu Pindahkan ke Sampah.

Aplikasi yang dihapus melalui Launchpad ataupun Finder akan langsung ditambahkan ke Tempat Sampah. Jika Anda ingin menyingkirkan aplikasinya secara permanen, buka Tempat Sampah dan klik opsi Kosongkan di pojok kanan atas.