Patahkan Kabar Hengkang dari Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Satu Persen pun Tak Tertarik Latih Negara Lain

JAKARTA - Sebuah pernyataan tegas dilontarkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, soal kabar dirinya bakal meninggalkan tim. Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan bahwa dirinya sama sekali tak tertarik melatih negara lain.

Sebelumnya, Shin Tae-yong melalui salah satu media Korea Selatan mengaku pernah didekati sejumlah federasi negara lain. Laporan tersebut memantik polemik soal masa depan sang pelatih bersama Skuad Garuda.

Apalagi masa kontrak Shin Tae-yong juga jadi pertanyaan seiring dengan berakhirnya perjuangan Timnas Indonesia yang terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Terkait kabar soal dirinya bakal merapat ke negara lain, hal itu ternyata dibantah Shin Tae-yong. Ia menegaskan tak tertarik untuk melatih negara mana pun saat ini selain fokus ke Skuad Garuda.

"Saya tidak pernah tertarik satu persen pun untuk menjabat sebagai pelatih kepala negara lain. Jadi, semoga tidak ada kesalahpahaman," kata Shin Tae-yong dikutip dari Antara pada Senin, 5 Februari 2024.

Meski tak menampik bahwa ada sejumlah tawaran yang datang, Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia menjaga komitmen terhadap kontrak yang telah disepakati bersama PSSI.

"Memang selama saya menjabat pelatih Timnas Indonesia, sering ada tawaran. Namun, mungkin seperti sebelumnya kita lihat sampai tahun 2023, maksudnya akhir tahun, ya, jadi sudah ada kontrak juga."

"Jadi, tidak ada pikiran pergi ke negara lain juga. Memang selama turnamen kali ini pun memang ada tawaran, tetapi saya sama sekali tidak ada tertarik," tutur mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Soal masa kerja Shin Tae-yong, sejatinya kontrak sang pelatih tuntas di pengujung tahun 2023. Namun, dengan kesepakatan bersama PSSI, ia mendapat perpanjangan kerja hingga Juni 2024.

Kontrak sang pelatih bahkan bisa kembali diperpanjang hingga 2027. Namun, soal kans itu, Ketum PSSI Erick Thohir memberikan target profesional yaitu ia harus bisa membawa Timnas Indonesia U-23 lolos delapan besar Piala Asia U-23 2024 di Qatar yang dihelat pada 15 April 2024.