Inter Milan Menjauh dari Juventus Gara-gara Gol Bunuh Diri Gatti di Derby d' Italia
Pemain Inter Milan merayakan gol bunuh diri Federico Gatti saat melawan Juventus. (X/@Inter)

Bagikan:

JAKARTA - Inter Milan harus bekerja keras sebelum mengalahkan Juventus 1-0 dalam Derby d' Italia di kompetisi Serie A Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Senin, 5 Februari 2024 dini hari. Inter sukses menjauh dari kejaran Juve akibat gil bunuh diri Federico Gatti.

Inter tampil sebagai yang terbaik dalam duel dua tim teratas. Ya, Inter dan Juve bersaing ketat memperebutkan posisi di puncak klasemen Serie A.

Juve sempat menguasai takhta klasemen saat Inter berlaga di Supercoppa Italiana yang digelar di Arab Saudi. Namun sekembalinya dari Arab dengan membawa trofi juara, tim asuhan Simone Inzaghi langsung tancap gas.

Inter mengalahkan Fiorentina dan kemudian Juve dengan skor sama 1-0. Kemenangan atas Bianconeri menjadikan Inter mengumpulkan poin 57. Unggul empat poin dari Juve yang berada di peringkat dua.

Tak hanya itu, I Nerazzurri juga masih menyimpan satu pertandingan tunda melawan Atalanta yang akan digelar pada 28 Februari 2024. Ini memungkinkan mereka kian menjauh dari kejaran Juve bila menang atas Atalanta.

Sebaliknya, Juve tidak hanya fokus memburu Inter. Tim asuhan Massimiliano Allegri juga harus memperhitungkan AC Milan yang menempati peringkat tiga. Saat ini, Milan memiliki poin 49 sehingga hanya terpaut empat poin dari Juve.

Di laga itu, Inter memang lebih menguasai permainan. Gelandang Henrikh Mkhitaryan berpeluang mengancam gawang Juve saat hendak menyambut bola silang Marcus Thuram. Namun Gatti bisa menggagalkannya.

Selanjutnya, tendangan voli Federico Dimarco yang menyambut umpan menyilang Benjamin Pavard juga masih gagal.

Juve kembali mendapat tekanan dari kapten Lautro Martinez. Namun upaya striker tim nasional Argentina ini bisa digagalkan Andrea Cambiaso.

Setelah serangannya beberapa kali gagal, Inter berhasil memecah kebuntuan di menit 37. Hanya saja gol berasal dari tuan rumah alias bunuh diri Gatti.

Ini berawal dari tendangan voli dari Pavard yang gagal saat menyambut bola silang Nicolo Barella. Lalu Thuram pun menyundulnya dan mengenai Gatti yang menjadikan bola berbelok arah dan meluncur ke gawang yang kosong.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk Inter. Tidak ada gol lagi yang tercipta sehingga skor itu yang bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Inter masih mendominasi. Hanya saja, serangan mereka masih belum bisa memperbesar keunggulan.

Tercatat gelandang Hakan Calhanoglu nyaris saja membobol gawang Juve di menit-menit awal pertandingan.

Bahkan kiper Wojciech Szczesny hanya bisa menatap bola yang mengarah ke gawang. Beruntung bola sedikit melambung melewati mistar.

Selanjutnya Martinez yang mengancam gawang Juve. Namun usahanya bisa diblok Gatti. Permainan menyerang Inter memang merepotkan Juve yang jarang mendapat peluang bagus untuk mencetak gol.

Meski demikian ada dua peluang dri La Vecchia Signora lewat striker Dusan Vlahovic. Hanya saja tendangan salto dia masih di luar target.

Begitu pula upaya dari Gatti yang ingin menebus kesalahannya tak membuahkan hasil. Tendangannya jauh melebar.

Sampai akhir pertandingan tidak ada perubahan skor. Inter menutup laga dengan keunggulan satu gol.