Bitcoin Pulih Setelah Anjlok, Bull Run Akan Dimulai?

JAKARTA - Bitcoin (BTC) tampaknya telah bangkit dari penurunan tajam yang dialaminya seminggu yang lalu. Meskipun harga BTC masih fluktuatif, minat pasar terhadap mata uang kripto ini tidak surut.

Menurut laporan mingguan dari platform analisis on-chain CryptoQuant, yang dikutip oleh CryptoPotato, harga BTC kemungkinan telah mencapai titik terendahnya. Hal ini didasarkan pada beberapa indikator, seperti premi negatif Coinbase, bayaran rendah para penambang, dan margin keuntungan nol dari pemegang jangka pendek.

Harga Bitcoin sempat menyentuh level terendah dalam dua bulan terakhir di 38.000 dolar AS (Rp 600 juta) pada 23 Januari. Harga ini dianggap masih terbilang murah dalam penurunan jangka pendeknya. Hal ini terlihat dari premi negatif Coinbase, yang menunjukkan bahwa Bitcoin diperdagangkan dengan harga lebih rendah di bursa kripto tersebut dibandingkan dengan bursa lain.

Selain itu, para penambang Bitcoin juga mendapatkan bayaran yang sangat rendah. Hal ini mungkin telah memicu tekanan jual dari para penambang, yang menyebabkan gelombang penjualan terbesar sejak Mei 2023 beberapa hari yang lalu.

Faktor lain yang menunjukkan undervaluasi Bitcoin adalah margin keuntungan yang belum direalisasikan dari pemegang jangka pendek. Margin ini turun menjadi 0%, yang berarti mereka menjual Bitcoin mereka dengan rugi untuk pertama kalinya sejak Oktober. Namun, CryptoQuant meyakini bahwa hal ini justru menjadi kriteria untuk Bitcoin melanjutkan kenaikannya.

Bitcoin Siap Naik?

Setelah Bitcoin melonjak ke level 43.000 dolar AS (Rp 678 juta) pada 29 Januari, permintaan beli meningkat di pasar kontrak berjangka. Para trader menutup posisi jual mereka karena takut ketinggalan kenaikan harga. Hal ini terlihat dari rasio beli-jual taker yang naik di atas satu untuk pertama kalinya sejak awal Desember.

Meskipun Bitcoin masih berada di sekitar 42.100 dolar AS (Rp 664 juta) pada saat penulisan, CryptoQuant optimistis bahwa paruh kedua tahun ini akan menyaksikan pengembalian besar dari mata uang kripto ini. Hal ini didasarkan pada pola historis, di mana paruh pertama tahun setelah pembagian hadiah biasanya datar hingga sedikit negatif untuk Bitcoin.

Di sisi lain, minat terhadap Bitcoin tetap positif. Para "whale" atau investor besar terus mengakumulasi Bitcoin, meningkatkan kepemilikan mereka hingga mencapai level tertinggi sejak Desember 2022. Selain itu, aliran keluar dari dana ETF Grayscale telah berkurang belakangan ini, dengan pembelian dari produk lain, terutama BlackRock dan Fidelity, mengimbangi penjualan tersebut.

Yang terpenting, total kepemilikan Bitcoin dari sembilan ETF spot lainnya telah tumbuh menjadi level baru di atas 150.000.

Sementara itu, likuiditas stablecoin juga positif, dengan kapitalisasi pasar Tether (USDT) mencapai rekor baru 96 miliar dolar AS  (Rp 1,5 triliun), dengan peningkatan harian sebesar 800 juta dolar AS (Rp 12,6 triliun) pada 22 Januari.