SUV Kompak Terbaru dari Skoda akan Dibuat di India, Produksi Mulai Januari 2025

JAKARTA - Pabrikan Skoda asal Ceko berencana untuk menghadirkan SUV kompak yang akan dijual mulai tahun depan, dan akan dibuat di India untuk pasar domestik dan ekspor. 

Mengutip dari laman Autocar India, Senin, 5 Februari, pabrikan tersebut bahkan menargetkan 90 persen bahan baku lokal untuk SUV kompak satu ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Piyush Arora, MD dan CEO, Skoda Auto Volkswagen India. 

"Lokalisasi adalah salah satu inisiatif besar yang kami ambil untuk produk ini dan saya yakin kami akan mampu memenuhi ekspektasi pasar dengan harga yang akan keluar nanti," katanya. 

Dikabarkan SUV kompak ini akan mulai diproduksi pada Januari 2025 di India. Untuk mencapai skala ekonomi yang lebih tinggi, SUV kompak ini akan mendukung basis pemasok lokal untuk mobil Skoda dan VW berbasis MQB AO IN yang saat ini dijual di India. 

Mengenai powertrainnya, Arora mengatakan bahwa mesin India yang banyak dilokalisasi – unit bensin turbo 1,0 TSI dan 1,5 TSI akan digunakan pada model terbaru ini. 

Selain itu, untuk mesin yang lebih besar dengan 150 hp akan dievaluasi untuk diterapkan. Arora menjelaskan, untuk permintaan di mesin 1,5 liter turbo mendapatkan sambutan yang baik. 

"Kami melihat adanya permintaan yang baik untuk mesin 1,5 liter (mesin bensin turbo). Namun untuk segmen compact sub-empat meter, kita harus melihat apakah ini benar-benar berfungsi atau tidak," tambahnya. 

SUV kompak Skoda buatan India akan menjadi model global, karena selain mengambil alih operasi grup di India, Skoda Auto juga mengambil alih pengembangan lebih lanjut pengembangan global MQB A0. SUV baru ini akan diekspor ke pasar seperti Meksiko dan Afrika, bahkan ke beberapa pasar Asia Tenggara seperti Vietnam.