Honda Elevate Melakukan Debut Globalnya di India
Honda Elevate. (Dok. paultan)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, merilis salah satu SUV terbarunya, Elevate, yang melakukan debut globalnya di India.

Honda Elevate memiliki ukuran kompak seperti saudaranya, HR-V dan BR-V. Honda mengatakan, bahwa Elevate mewakili pemberdayaan, pembebasan, eksplorasi, keserbagunaan, aspirasi, transformasi, dan evolusi.

Dengan masuknya Elevate di pasar India, Honda menempatkan SUV tersebut pada segmen B di India yang akan bersaing dengan beberapa SUV kompak lainnya, seperti Hyundai Creta, Kia Seltos, Skoda Kushaq, dan Maruti Suzuki Grand Vitara.

Dikutip dari Paultan, Selasa, 6 Juni, Honda Elevate memiliki dimensi panjang 4.312 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.650 mm. Meskipun memiliki dimensi yang ringkas, Elevate memiliki ruang bagasi yang luas dengan 458 liter.

Dari segi desain, Elevate memiliki grill depan yang besar dengan lampu depan yang tipis seketika mirip dengan CR-V dan HR-V terbaru. Lalu pada bagian belakang, Honda menyematkan lampu Elevate dengan bentuk huruf L seperti halnya WR-V.

Bagian interiornya memiliki layar sentuh 10,25 inci yang sudah tersedia dengan sistem infotainmen yang didukung pengoperasian Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel. Dihadirkan juga tampilan kluster instrumen sebesar tujuh inci.

Pabrikan juga menghadirkan beberapa ruang penyimpanan pada bagian konsol tengah, berupa cup holder dan cubby kecil yang mengapit tuas persneling. Fitur lainnya yang dihadirkan pada SUV ini seperti Honda Connect dengan dukungan smartwatch, sunroof, reverse camera, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, dan perangkat keamanan Honda Sensing.

Bagian bawah kap, dihadirkan mesin 4-silinder 1,5 liter naturally-aspirated yang dapat menghasilkan tenaga 119 dk dan torsi 145 Nm yang nantinya akan bekerja sama dengan sistem transmisi CVT atau manual enam percepatan dengan penggerak roda depan (FWD).

Honda juga akan menawarkan varian hybrid pada Elevate dengan mesin 1,5 liter Atkinson-cycle 4-silinder yang didukung oleh dua motor listrik dengan transmisi e-CVT yang menghasilkan tenaga 124 dk dan torsi 253 Nm.

Pemesanan untuk Honda Elevate akan dibuka pada Juli mendatang dengan harga yang belum diumumkan. Walaupun demikian, perkiraan harga untuk satu unitnya mulai dari 1,05 juta rupee atau sekitar Rp189 jutaan.