KTM Hadirkan Visual Terbaru dari RC 390 , Siap Dijajal di Trek Balap

JAKARTA - KTM, produsen kendaraan roda dua asal Austria mengawali tahun 2024 dengan memperkenalkan pembaruan warna dan grafis dalam jajaran RC Supersport, termasuk model RC 390 yang merupakan lini teratas dari seri ini.

Dilansir laman resmi perusahaan, Kamis, 1 Februari, pembaruan visual ini disebut mengambil inspirasi dari prototipe sebelumnya dan kombinasi warna dari divisi motor balap dan berperforma tinggi saat ini.

KTM RC 390 untuk tahun 2024 menerima skema warna terbaru yang menarik, dengan pilihan oranye-biru dan oranye-hitam. Kedua opsi ini menerima bodi frame oranye yang mencolok, serta pelek diberi warna oranye.

Kendaraan bergaya motor balap ini menggunakan desain rangka teralis baja dan dilengkapi suspensi WP Apex baik di bagian depan dan belakang. Garpu depan berukuran 43 mm menawarkan penyesuaian kompresi dan redaman rebound 30 klik, sedangkan peredaman kejut belakang WP Apex menawarkan penyesuaian preload dan rebound.

Selain itu, sistem pengeremannya menggunakan kaliper empat piston dari ByBre yang dipasang secara radial di depan, dipasangkan dengan rem cakram 320 mm. Kemudian, bagian belakangnya memiliki kaliper satu piston dan rem cakram belakang 230 mm. Pengereman semakin optimal dengan sistem Anti-lock Braking System yang menjadi perlengkapan standar.

Pada bagian kokpit, ditemukan dasbor TFT pada RC 390 2024 yang dilengkapi dengan sensor secara otomatis beradaptasi dengan kondisi cahaya sekitar tanpa memerlukan campur tangan pengendara. Kemudian, kontrol traksi, ABS menikung, dan mode khusus Supermoto juga dijadikan standar pada model ini.

Dari segi performa, KTM memberi motor ini mesin silinder tunggal 373 cc berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 43 dk dan torsi 36 Nm digabungkan dengan transmisi enam percepatan dengan tambahan Quickshifter sebagai opsional.

Sayangnya, pabrikan belum mengumumkan perihal harga dan waktu ketersediaan dari motor ini. Namun, dipastikan KTM RC 390 akan tersedia untuk pasar global.