Theta Network Siapkan Teknologi Baru untuk Video dan AI

JAKARTA - Theta Network, platform terdesentralisasi untuk layanan distribusi video dan eksekusi edge computing, mengumumkan rencananya untuk tahun 2024. Salah satu rencana tersebut adalah meluncurkan Theta EdgeCloud. Ini adalah teknologi baru yang menggabungkan keunggulan dari edge dan cloud computing. Teknologi ini dirancang untuk mendukung aplikasi canggih dalam bidang video, media, dan kecerdasan buatan (AI).

Theta EdgeCloud adalah salah satu tujuan utama Theta Network untuk menyediakan infrastruktur yang dapat menangani pengalaman realitas terpanjang yang mendalam, serta video berbasis AI dan teknologi mutakhir lainnya. Teknologi ini akan diluncurkan secara bertahap, dengan fase pertama dijadwalkan pada paruh pertama 2024. Pada fase ini, Theta akan meluncurkan node yang dihosting di cloud yang dapat menangani model dan tugas AI yang kompleks.

Theta EdgeCloud dirancang untuk menyeimbangkan latensi rendah dan memperluas ketersediaan dari edge computing dan fleksibilitas, skalabilitas, dan efektivitas biaya dari infrastruktur cloud. Dengan menggabungkan dua model pendekatan ini, Theta bertujuan untuk menciptakan platform yang kuat yang dapat mendukung kebutuhan teknologi yang tengah berkembang dan menghadirkan pengalaman video berkualitas tinggi bagi pengguna.

Selain EdgeCloud, Theta Network juga berencana meningkatkan layanan dan fiturnya pada tahun 2024. Beberapa di antaranya adalah menyelenggarakan acara khusus yang disebut Theta hackathon, pameran penggunaan teknologi milik Theta. Mereka juga akan menerapkan staking TNT20, fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan imbalan dengan menyimpan dan melakukan staking token TNT20 mereka. Selain itu, Theta akan bekerja untuk meningkatkan Theta Video API agar lebih baik dalam menangani video.

Rencana Theta Network tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun 2025, mereka akan meluncurkan EdgeCloud Fase 3, yang akan menghubungkan klien dengan node edge yang dioperasikan oleh anggota komunitas. Untuk membuat segalanya efisien, akan ada koordinator cerdas yang mengarahkan tugas dan muatan ke node yang tepat.

Rencana Theta Network untuk 2024 merupakan bagian dari upaya memajukan platform, meskipun dapat berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Rencana tersebut fokus pada peningkatan kemampuan teknologi dengan EdgeCloud sambil membangun ekosistem melalui inisiatif seperti hackathon yang akan datang. Langkah-langkah ini menunjukkan strategi yang dipikirkan dengan baik dan proaktif yang bertujuan untuk mendukung pengembangan aplikasi generasi mendatang.