Yang Lain Sudah, Begini Tanggapan Suzuki Belum Hadirkan Motor Listrik di Indonesia

JAKARTA - Menuju netralitas karbon, berbagai produsen roda dua berlomba untuk menghadirkan ragam motor listrik di Indonesia. Termasuk raksasa Jepang dari Honda, Yamaha, dan Kawasaki.

Honda memiliki EM1 yang sudah diperkenalkan, sementara Yamaha memiliki E01 yang kini tengah diuji untuk dihadirkan di Indonesia. 

Sementara, Kawasaki juga telah merilis Ninja e-1 dan Z e-1 di Indonesia. Lantas bagaimana dengan sesama pabrikan Jepang lain yaitu Suzuki? 

Ternyata, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan belum berniat untuk menghadirkan motor listrik dalam waktu dekat, dan fokus untuk jajaran produk yang ada. 

Menurut M. Razwankaizar selaku Section Head Domestic & Digital Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, pihaknya untuk saat ini masih berfokus dengan jajaran produk yang dipasarkan.

"Kita masih fokus dengan produk yang ada. Untuk motor listrik memang kita belum ada rencana. Dari prinsipal juga belum membicarakan produk yang lain. Kita fokus dengan produk yang ada untuk kualitas," M. Razwankaizar selaku Section Head Domestic & Digital Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Rabu, Selasa, 23 Januari. 

Memang belum lama ini Suzuki baru meluncurkan Burgman Street 125 EX pada ajang IMOS+, di mana motor tersebut dibanderol mulai dari Rp24 jutaan. 

Balik ke motor listrik, Joshi Prasetya selaku Strategic Planning Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, Suzuki pasti akan melihat peluang di semua lini bisnis. Namun yang tetap menjadi fokus adalah bagaimana bisa membuat produk yang handal dan bisa menunjang mobilitas sehari-hari.

"Tidak menutup kemungkinan ke arah sana, karena secara global teknologi sudah ada," pungkasnya.

Berkaca dari Suzuki Global, memang telah memperkenalkan konsep e- Burgman, yang sudah melewati berbagai riset di Japan Mobility Show 2023. Tentunya patut ditunggu kehadiran motor listrik Suzuki untuk pasar Indonesia.