Segmen SUV Paling Menonjol di Indonesia, Suzuki: Iya, tapi Kami Tetap Bersaing di Seluruh Segmen
Suzuki XL7 Hybrid. (Dok. Suzuki Indomobil Sales)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan segmen terlaris secara global juga termasuk di pasar otomotif Indonesia. Oleh karena itu, beberapa pabrikan bersaing untuk memperkenalkan kendaraan utilitas ini demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Selama tahun 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mencatat penjualan ritel sebanyak 37.853 unit, dengan SUV mendominasi sebanyak 58 persen, LMPV menyumbang 25 persen, minibus 9 persen, dan hatchback 7 persen. Namun, apakah agen tunggal pemegang merek (ATPM) ini hanya memusatkan perhatian pada satu segmen saja?

Harold Donnel, yang menjabat sebagai 4W Marketing Director PT SIS, menyatakan bahwa tidak dapat disangkal bahwa SUV saat ini memberikan kontribusi besar bagi pasar, selain LMPV dan LCGC.

“Jika dilihat dari kontribusi pasar di Indonesia, tiga kontributor terbesar dalam segmen otomotif, terlepas dari kendaraan komersial, adalah SUV dengan 26 persen, sedangkan LMPV dan LCGC berkisar pada 15 persen. Sementara itu, kendaraan komersial sekitar 9 persen,” ujar Harold menjawab pertanyaan VOI pada Selasa, 23 Januari.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa perusahaan akan mengeksplorasi segala kemungkinan untuk memperluas dan menambah model di berbagai segmen, mempertimbangkan bahwa kendaraan Suzuki ditujukan untuk masyarakat umum.

“Kami, di Suzuki, berkomitmen pada masyarakat luas, dan kami berusaha tidak hanya terpaku pada satu segmen saja. Kami merasa memiliki kewajiban moral untuk menghadirkan kendaraan di setiap segmen yang ada di tanah air,” tambah Harold.

Pada hasil penjualan bulan Desember 2023, penjualan ritel kendaraan penumpang Suzuki mengalami peningkatan sebesar 25 persen, sementara penjualan komersial naik sebanyak 26 persen. Peningkatan penjualan di kategori penumpang didominasi oleh XL7, yang mencatat kenaikan penjualan sebesar 32% dibandingkan bulan sebelumnya.

Suzuki XL7 merupakan model yang bersaing di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) dan memiliki keunggulan tersendiri. Varian New XL7 Hybrid dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara.