Kaspersky Temukan Malware Baru dalam Aplikasi Bajakan di MacOS

JAKARTA - Kaspersky Lab telah menemukan jenis malware baru, yang memasuki komputer pengguna macOS melalui perangkat lunak bajakan dan menggantikan dompet Bitcoin dan Exodus dengan versi yang terinfeksi. 

Malware ini menargetkan macOS versi 13.6 dan lebih tinggi. Di mana peretas mendapatkan akses ke kata sandi keamanan komputer ketika pengguna memasukkannya ke dalam kotak aktivator dan ketika pengguna mencoba membuka dompet kripto yang disusupi oleh malware.

“Muatan terakhir adalah pintu belakang yang dapat menjalankan skrip apa pun dengan hak istimewa administrator, dan menggantikan aplikasi dompet kripto Exodus dan Bitcoin yang diinstal pada mesin dengan versi terinfeksi yang mencuri frasa pemulihan rahasia saat dompet dibuka,” kata Kaspersky, mengutip dari Cointelegraph

Berdasarkan pengamatan, peneliti Kaspersky mengatakan bahwa malware jenis ini merupakan jenis malware yang metodenya sangat sederhana, namun cerdik. 

Untuk itu, raksasa keamanan siber global itu mengingatkan, kampanye malware yang berkembang dapat dihindari dengan menggunakan situs web tepercaya, terus memperbarui sistem operasi komputer, dan menggunakan solusi keamanan di dalamnya.