Cara Melihat Sunrise di Bromo dan Spot Terpopuler yang Banyak Dipilih

YOGYAKARTA – Banyak spot menarik di kawasan wisata Gunung Bromo. Salah satu spot yang banyak dipilih adalah area untuk melihat sunrise. Cara melihat sunrise di Bromo pun cukup mudah, Anda bisa langsung berkunjung ke spot pilihan yang banyak dikunjungi wisatawan atau lewat agen wisata.

Cara Melihat Sunrise di Bromo

Spot sunrise populer di Gunung Bromo memang jadi salah satu daya tarik wisata di area tersebut. Banyak agen wisata yang menawarkan momen Golden Sunrise of Bromo dengan paket kunjungan singkat.

Biasanya agen wisata akan memulai tour dari titik keberangkatan kota Batu, Malang atau Surabaya. Durasi paket tour wisata sunrise Bromo pun cukup singkat tanpa menginap yakni kurang lebih 12 jam, dimulai dari tengah malam lalu pulang keesokan harinya.

Spot Sunrise di Bromo Terpopuler

Bagi wisatawan yang tertarik dengan paket tour Golden Surise of Bromo, ada beberapa spot yang bisa dipilih. Spot ini cukup populer karena banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Beberapa spot tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pananjakan Point 1

Pananjakan Point 1 adalah salah satu spot tertinggi yang ada di Gunung Pananjakan. Dari sini wisatawan dapat melihat matahari terbit yang akan muncul dari balik Gunung Bromo. Pananjakan Point 1 sendiri memiliki ketinggian 2.770 mdpl. Hasilnya cukup memuaskan, bahkan banyak wisatawan yang telah membagikan keindahan sunrise di spot ini.

Di Pananjakan Point juga terdapat berbagai fasilitas seperti tempat parkir luas, mushola, toilet, persewaan tikar dan selimut, penjual makanan, penjual souvenir, dan masih banyak lagi.

  1. Pananjakan Point 2

Spot Pananjakan Point 2 juga tak kalah menarik untuk menikmati matahari terbit. Ketinggian poin ini sedikit lebih rendah dari poin 1 yakni 2.400 mdpl. Lokasi ini memang disediakan untuk mengakomodir membludaknya wisatawan yang tidak kebagian tempat di Pananjakan Poin 1. Lokasinya ada di dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Agar bisa mencapai Seruni Point, wisatawan harus menaiki 256 anak tangga. Selama naik akan ada tujuh titik tempat istirahat sehingga pendakian lewat tangga tidak terlalu lelah karena bisa istirahat. Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang tak kalah lengkap dari Pananjakan Point 1.

  1. Bukit Kedaluh

Jika Anda tak suka berdesak-desakan dengan wisatawan lain, cobalah untuk berkunjungi ke Sunrise Point Kingkong Hill atau Bukit Kedaluh. Spot ini punya ketinggian sekitar 2.600 mdpl sehingga memungkinkan untuk melihat sunrise yang sangat indah.

Lokasi Bukit Kedaluh ada diantara Pananjakan 1 dan Pananjakan 2. Meski sudut pandang yang dimiliki sedikit lebih rendah, namun wisatawan bisa menikmati sunrise berlatar belakang Gunung Batok dan Mahameru.

  1. Bukit Mentigen Cemoro Lawang

Spot ini ada di luar Pananjakan, namun lebih dekat dengan Rest Area Ngadisari. Cara melihat sunrise di Bromo via Bukit Mentigen Cemoro Lawang bisa dilakukan dengan jalan kaki tanpa sewa jeep Bormo. Area ini cocok dikunjungi untuk Anda yang tidak suka ribet, atau hanya sekadar mampir. Selain itu banyak yang memilih menggelar foto pre-wedding di spot ini.

Seperti spot lainnya, di Bukit Mentigen Cemoro Lawang tersedia berbagai fasilitas mulai dari parkir kendaraan, spot camping, warung makan, dan masih banyak lagi.

Setelah puas menikmati sunrise, Anda bisa berkunjung ke wisata Lautan Pasir Berbisik Bromo yang tak kalah menarik dari spot lainnya.

Itulah informasi terkait cara melihat sunrise di Bromo. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.