Setelah Lexus dan Tesla, Honda Bakal Adopsi Teknologi Steer-by-Wire pada EV Masa Depannya

JAKARTA - Honda membuat gebrakan dengan menghadirkan versi konsep dari kendaraan listrik terbarunya yang diberi nama ‘Seri 0’, yaitu Saloon dan Space-Hub, dalam gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2024 awal tahun ini.

Perusahaan asal Jepang tersebut mengungkapkan bahwa kedua konsep ini akan menjadi basis dari kendaraan listrik (EV) masa depan mereka. Selain mengusung desain futuristik, sejumlah teknologi canggih juga akan dihadirkan.

Dilansir dari InsideEVs, Sabtu, 13 Januari, model pertama pada ‘Seri 0’ tersebut akan dilengkapi dengan teknologi steer-by-wire. Artinya, tidak akan ada sambungan mekanis antara roda kemudi sedan dan roda depannya seperti mobil kendaraan jalan raya pada umumnya.

Sistem steer-by-wire menghilangkan hubungan fisik tersebut dan sebagai gantinya memberitahu roda depan apa yang harus dilakukan secara elektronik berdasarkan masukan kemudi pengemudi. Disebutkan bahwa teknologi ini dapat membawa perubahan besar pada fungsionalitas kendaraan.

“Steer-by-wire memungkinkan kita memiliki lebih banyak kebebasan dalam pengemasan kendaraan, yang berarti kita juga memiliki lebih banyak kebebasan dalam bentuk kendaraan,” kata Mitsuru Kariya, selaku Head of Honda Automobile Electrification Strategy.

Konfigurasi setir kemudi konvensional memberi batasan tertentu dalam hal menciptakan manuver kendaraan. Dengan sistem ini, diharapkan pengemudi dapat leluasa berkendara tanpa batas.

Teknologi ini bukanlah hal yang baru dalam industri otomotif. Sebelumnya sang rival, Toyota, terlebih dahulu menciptakan sistem steer-by-wire pada Lexus RZ yang menawarkan rasio kemudi lebih besar hingga 200 derajat. Diharapkan teknologi ini akan melalui fase produksi pada akhir 2024 mendatang.

Selain itu, sistem ini juga telah hadir pada Tesla Cybertruck yang diproduksi pada akhir tahun lalu. Meskipun belum teruji di berbagai kondisi jalan, steer-by-wire bisa menjadi sebuah inovasi menarik yang akan dihadirkan pada sejumlah kendaraan di masa depan.