Roby Satria Pertanyakan Etika Saat Momo Diduga Bawakan Lagu Geisha Secara Komersial

JAKARTA - Roby Satria, gitaris Geisha mengunggah sebuah video di akun Instagram miliknya yang menampilkan Momo, eks vokalis Geisha menyanyikan lagu Selalu Salah di sebuah konser musik.

Adapun, Selalu Salah merupakan salah satu hits dari Geisha yang berada dalam album Anugerah Terindah (2009). Saat itu, Momo merupakan vokalis sekaligus personel Geisha yang paling dikenal. Namun ia memutuskan keluar dari band dan menikah pada tahun 2017.

Dalam keterangan unggahannya, Roby menyebut adanya permasalahan etika dalam bisnis musik. Dia melihat ada pihak yang mencari keuntungan pribadi.

“Setelah kita melihat video ini sepertinya ada pihak yang secara sengaja, leluasa dan tidak profesional memberikan ruang untuk keuntungan pribadi pihak-pihak tertentu. Sampai saya mulai meragukan etika bisnis musik indonesia ini bekerja,” tulis Roby Satria melalui akun Instagram miliknya, dilihat Senin, 15 Januari.

Roby pantas geram, pasalnya ia menyebut adanya kesepakatan dengan pihak label bahwa seluruh lagu yang pernah dirilis Geisha hanya diperbolehkan dibawakan secara komersial oleh Geisha sebagai band.

“Semua lagu @geishaindonesia hanya boleh digunakan secara komersil oleh formasi Band Geisha yang secara resmi mempunyai kontrak eksklusif dengan pihak label dan disepakati bisnisnya bersama atas nama grup. Sehingga tidak di perkenankan untuk di komersilkan secara personal untuk mengambil keuntungan pribadi,” katanya.

Gitaris 37 tahun ini menekankan bahwa dirinya bukan melarang Momo menyanyikan lagu ciptaannya, namun penyanyi awal Geisha itu hanya diperbolehkan menyanyikannya saat bermain bersama Geisha.

“Dan saya Roby Satria sebagai pemilik hak eksklusif atas lagu tersebut tidak melarang dan memperkenankan Momo untuk membawakan lagu Geisha selama dikomersilkan bersama sama Group Band Geisha,” ujar Roby Satria.

"Menurut kalian siapa saja oknum yang mengambil keuntungan pribadi dalam hal ini. Saya juga bingung, bertanya-tanya dan ga tau jawabannya. Bantu cari bareng bareng ya,” imbuhnya.

Pada akhir keterangan unggahannya, Roby bertanya pada netizen, mana yang lebih baik, “Netizen pengen liat Momo manggung sendiri atau dengan Geisha ?!”