FINTRAC Kanada Tingkatkan Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Pencucian Uang

JAKARTA - Badan anti pencucian uang Kanada, Financial Transactions and Reports Analysis Centre (FINTRAC), semakin meningkatkan ketergantungannya pada kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi transaksi mencurigakan. Mereka berharap bahwa penggunaan teknologi terkini akan lebih efektif dalam memerangi kejahatan keuangan.

FINTRAC menarik perhatian bulan lalu ketika menghukum dua bank terbesar negara tersebut - Royal Bank of Canada  dan CIBC   - sebesar total 9 juta dolar Kanada (Rp104 miliar) karena pelanggaran termasuk tidak mengajukan laporan transaksi mencurigakan, mencatat rekor denda terbesar yang diberikan kepada bank-bank individual.

Dalam perbandingan, badan tersebut telah mengumpulkan denda sebesar  23 juta dolar Kanada (Rp267,7 miliar) di sektor bisnis sejak mendapatkan kewenangan pada tahun 2008.

Kanada memiliki reputasi sebagai demokrasi yang patuh hukum; think tank seperti C.D. Howe memperkirakan antara  100 miliar hingga  130 miliar dolar Kanada dicuci setiap tahun di negara tersebut.

Donna Achimov, Wakil Direktur Pengawasan FINTRAC, mengatakan kepada Reuters bahwa kecerdasan buatan memungkinkan manusia yang memiliki pikiran yang benar untuk menganalisis data lebih banyak daripada sebelumnya dan membuatnya lebih mudah mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Pemerintah federal juga memberikan kekuatan baru terkait keamanan nasional, membantu peningkatan staf FINTRAC dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah staf meningkat sekitar 28% pada tahun fiskal 2023 dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Sumber daya tambahan ini akan membantu lembaga yang dipimpin oleh Sarah Paquet untuk bekerja secara real-time dan mengurangi risiko pencucian uang dan pendanaan teroris.

Achimov mengatakan salah satu langkah maju bagi FINTRAC adalah menggunakan teknologi baru untuk mencari transaksi mencurigakan, atau bahkan bermitra dengan lembaga keuangan untuk mengurangi risiko.

Transaksi mencurigakan untuk tahun keuangan 2022-2023 mencapai 560.858 dibandingkan dengan 585.853 pada tahun sebelumnya dan jauh lebih tinggi dari 114.422 yang dilaporkan pada tahun 2015-2016.

Sekitar 75% dari semua transaksi mencurigakan antara April dan September 2023 dilaporkan oleh lembaga keuangan.

Badan ini juga secara signifikan meningkatkan frekuensi pertemuan menjadi peristiwa kuartalan dengan bank-bank besar dan telah mengadakan pertemuan dengan bank-bank kecil dan menengah secara teratur.

Peningkatan pemeriksaan FINTRAC datang pada saat TD   menghadapi penyelidikan langka dan kemungkinan denda oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat terkait praktik anti pencucian uangnya, tak lama setelah membatalkan akuisisi First Horizon.

Pakar anti pencucian uang dan hukum mengatakan keputusan FINTRAC untuk menyebutkan nama bank-bank tersebut daripada menangani sanksi administratif di belakang pintu tertutup menunjukkan peningkatan aktivitas penegakan hukum di masa depan.

"Semua orang harus melihat lebih dekat ... kita harus memastikan bahwa kita telah menyelesaikan dengan baik, menyeberangkan tanda-tanda kita, dan kita tidak membiarkan uang kotor masuk ke institusi kita," kata Garry Clement, pakar pencegahan kejahatan keuangan dan CEO Clement Advisory Group.