Threads Tambahkan Pencarian Kata Kunci Berdasarkan Kronologis Waktu

 

JAKARTA – Pada November tahun lalu, Threads meluncurkan fitur pencarian kata kunci. Namun, fitur ini masih terbatas karena pengguna tidak bisa melihat unggahan berdasarkan urutan waktu.

Hal ini tentu menjadi kekurangan karena platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bisa mengurutkan pencarian kata kunci berdasarkan dua pilihan, yaitu Top untuk melihat unggahan berdasarkan saran dan Terbaru untuk melihat unggahan berdasarkan kronologis.

Threads tampaknya menyadari bahwa mencari kata kunci berdasarkan urutan waktu sangat berguna bagi pengguna. Oleh karena itu, mereka menambahkan dua metode pencarian kata kunci yang sama seperti platform pesaingnya, yaitu Top dan Terbaru.

Berdasarkan temuan 9to5mac, pengguna Threads harus menekan titik tiga di bagian atas layar untuk menemukan pilihan Top dan Terbaru saat mencari kata kunci. Cara ini tentu berbeda dengan X yang langsung menampilkan metode pencarian dalam bentuk kolom.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Threads mereka terlebih dahulu. Sayangnya, fitur baru ini hanya tersedia untuk pengguna iOS sehingga pengguna Threads di Android masih harus menunggu beberapa waktu lagi.

Sebelum fitur ini ditambahkan, Kepala Instagram Adam Mosseri sempat mengatakan bahwa perusahaannya tidak berniat menghadirkan pencarian kata kunci berdasarkan kronologis waktu. Menurutnya, hal itu akan mengganggu keamanan di Threads.

“Memiliki daftar lengkap dari setiap postingan dengan kata tertentu dalam urutan kronologis (membuat) spammer dan pelaku kejahatan lainnya memenuhi tampilan dengan konten hanya dengan menambahkan kata atau tag yang relevan,” jelas Mosseri melalui akun Threads-nya.

Atas alasan ini, mereka tidak ingin membuat pencarian kata kunci berdasarkan kronologis waktu. Meski fitur ini dianggap sebagai tantangan dalam menjaga keamanan, Threads akhirnya tetap meluncurkan fitur tersebut.