Dua Raksasa Otomotif Jepang Kembangkan Teknologi Lampu Laser untuk Sepeda Motor

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir revolusi teknis di bidang penerangan sepeda motor semakin berkembang, dan kini model LED disematkan untuk banyak motor baru.

Dikutip dari laman Motorcyclenews, Selasa, 2 Januari, namun ada satu lagi teknologi yang belum diterapkan untuk roda dua yaitu lampu laser. Model lampu ini sebenarnya telah populer sejak satu dekade lalu, dengan produksi pertama dari pabrikan BMW.

Merek tersebut juga pernah menyematkan teknologi tersebut pada model K1600GT pada 2016 silam, namun tidak menjangkau untuk model produksi.

Bicara teknologi ini belum populer hingga saat ini ternyata ada alasanya, di mana biayanya yang tergolong mahal dibandingkan dengan LED.

Sekarang, Yamaha dan Honda sedang mengerjakan ide serupa (lampu laser) untuk disematkan di sepeda motor, di mana akan disalurkan menggunakan kabel serat fiber. Jadi, komponen tersebut tidak perlu lagi dipasang ke lampu, dan akan disematkan di bawah jok.

Hal ini merujuk dari paten yang tersebar, di mana Yamaha akan menggunakan serat optik yang akan disebar ke tiga bagian, seperti lampu depan, belakang, dan sein.

Sementara itu, untuk Honda akan menggunakan dua laser untuk penerangan dekat dan jauh, dan penerangan lainya masih LED. Menariknya, lampu laser akan dilengkapi kamera, cara kerjanya dapat menyesuaikan kondisi lalu lintas.

Seperti diketahui lampu laser memiliki berbagai keunggulan, meliputi pancaran sinar yang lebih jauh artinya penerangan juga akan semakin maksimal.