Mobil dengan Sistem Self-Driving akan Menghiasi Jalan Raya Inggris pada 2026 Mendatang

JAKARTA - Era perkembangan teknologi dalam industri otomotif semakin melaju cepat seiring berjalannya waktu. Salah satu inovasi yang mencuri perhatian adalah sistem self-driving pada mobil. Kabar menarik datang dari Inggris, di mana pemerintah setempat berencana untuk memperkenalkan mobil-mobil canggih ini di jalanan pada tahun 2026.

Dalam laporan Reuters, Kamis, 28 Desember, Menteri Transportasi Inggris, Mark Harper, memberikan informasi bahwa pada awal tahun 2026 mungkin sudah bisa melihat beberapa mobil dengan kemampuan mengemudi mandiri secara perlahan mulai meramaikan jalan-jalan Inggris.

"Di tahun 2026, elemen-elemen pertama dari mobil self-driving mungkin akan diperkenalkan kepada masyarakat," ungkap Harper optimis.

Saat ini, aturan di Inggris masih melarang penggunaan mobil self-driving di jalan raya. Namun, perkembangan terbaru menyebutkan bahwa undang-undang terkait kendaraan otonom akan segera diterbitkan pada akhir tahun 2024.

Harper juga menyoroti potensi besar dari teknologi canggih ini untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya. Sebagai langkah proaktif, Inggris berencana menjadikan produsen mobil bertanggung jawab atas kecelakaan yang mungkin terjadi akibat penggunaan self-driving, bukan pemilik kendaraan.

"Semua aspek tentang kendaraan otonom dan teknologi self-driving sangat difokuskan pada keselamatan masyarakat," pungkas Harper.