Ahli Jelaskan, Ini 5 Alasan Kenapa Nggak Menemukan Cinta Sejati

YOGYAKARTA – Jatuh cinta merupakan momen terindah. Maka tak heran momen ini jadi inspirasi para musisi, penyair, hingga penulis cerita fiksi. Gagasan tentang jatuh cinta memang menarik, namun faktanya, jatuh cinta tak semudah yang dibayangkan. Banyak pula orang yang bertanya-tanya, kenapa tak kunjung menemukan cinta. Psikolog klinis, Roxy Zarrabi, menjelaskan alasan kenapa sulit menemukan cinta sejati.

1. Memilih orang yang tidak tersedia

Jika Anda melihat kembali riwayat kencan Anda, bagaimana Anda mencirikan orang-orang yang pernah bersama Anda? Kalau Anda secara sadar menginginkan hubungan yang langgeng tetapi hasilnya berbeda, mungkin secara tidak sadar tertarik pada pasangan yang tidak ada, kata Zarrabi. Dengan kata lain, alasan Anda belum menemukan cinta karena memilih untuk bersama orang-orang yang tidak dapat memberikan apa yang dibutuhkan atau pantas Anda dapatkan. Selain juga Anda mungkin tidak sadar tertarik pada pasangan yang, misalnya tidak ingin terikat dengan Anda.

2. Takut tersakiti

Perpisahan bisa sangat menghancurkan, dan jika Anda pernah disakiti atau dikhianati oleh seseorang di masa lalu, untuk memulai hubungan baru mungkin dianggap tantangan tersendiri. Melansir Brides, Selasa, 26 Desember, Zarrabi mengatakan bahwa mungkin Anda menginginkan komitmen tetapi takut akan keintiman karena kehilangan rasa percaya diri dan pernah disakiti sebelumnya.

Ilustrasi alasan kenapa nggak menemukan cinta sejati (Freepik)

3. Merasa tidak pantas mendapatkan cinta sejati

Kepercayaan diri dan harga diri memainkan peran penting dalam hal cinta. Namun, banyak orang yang tidak mampu menemukan keduanya sehingga merasa tidak pantas memiliki seseorang yang dicintai. Keyakinan seperti ini sering kali sudah ada sejak masa kanak-kanak dan bisa berdampak besar pada kehidupan dewasa khususnya aspe hubungan.

4. Sudah puas dengan capaian diri sendiri

Dalam hal menemukan cinta, penting untuk menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Daripada bersama seseorang karena takut hidup sendirian, sebaiknya pilihlah bersama seseorang karena dia membuat Anda bahagia. Jika Anda memilih untuk bersama pasangan karena alasan yang salah, entah karena uang, kenyamanan, atau kurangnya pilihan lain, cinta tidak akan menghampiri Anda karena hubungan Anda tidak didasarkan pada sesuatu yang berarti atau substansial. Agar cinta sejati memasuki hidup Anda, Anda harus memprioritaskan menemukan seseorang yang memiliki kualitas yang benar-benar penting dalam suatu hubungan, seperti moral, nilai, dan tujuan hidup yang sama.

5. Anda tidak menempatkan diri di luar sana

Sejak kecil, lingkungan banyak mengajarkan tentang cinta yang datang pada waktu dan ruang yang tepat. Meskpun kedengarannya indah, hal itu tidak berlaku bagi sebagian besar orang yang belum menemukan cinta sejati. Itu artinya, menemukan cinta sejati membutuhkan kerja nyata. Jadi, penting untuk menempatkan diri di luar sana dan ke luar dari zona nyaman untuk membuka kesempatan besar menemukan cinta.

Itulah kelima alasan kenapa sulit menemukan cinta. Untuk mengatasinya, penting untuk mengidentifikasi alasan yang Anda alami. Kemudian penting untuk mendapatkan tips atau langkah-langkah untuk menjadi lebih baik dan terbuka pada cinta yang tulus.