Apa Itu Repeater: Berikut Penjelasan Beserta Jenisnya

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian kesusahan menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi karena berada di luar jangkauan? Kendala semacam ini sering terjadi akibat keterbatasan kemampuan pemancar WiFi di mana jaringan cuma bisa ditangkap dalam radius tertentu. Repeater merupakan pemecahan terbaik buat mengatasi perihal tersebut. Lantas, apa itu repeater?

Sudah jadi pengetahuan umum kalau semakin jauh perangkat dari posisi pemancar, maka semakin jelek jaringan WiFi yang diakses. Tidak hanya itu, ruangan dengan banyak sekat pula dapat pengaruhi mutu transmisi. Imbasnya bukan cuma pada kecepatan internet, melainkan perangkatmu bisa jadi kesusahan buat menemukan jaringan. Dibutuhkan fitur ekstra semacam repeater supaya sinyal yang dipancarkan lebih kuat serta luas.

Lalu, apa itu repeater? Apa saja jenisnya? Tenang, di artikel ini kita bakal jelaskan secara lengkap data mengenai repeater. Ikuti penjelasannya hingga selesai, ya!

Apa Itu Repeater?

Repeater merupakan suatu perlengkapan ataupun fitur spesial yang berperan buat menerima serta memperluas jangkauan sinyal WiFi. Supaya bisa memakai perlengkapan ini paling tidak kalian wajib berada di zona jangkauan WiFi utama terlebih dulu. Setelah itu barulah sinyal dapat diperkuat dengan pertolongan repeater. Menariknya, pemakaian repeater sama sekali tidak mempengaruhi mutu pengiriman data antar node.

Tidak hanya WiFi, repeater tipe lain pula kerap digunakan buat kabel. Repeater kabel berperan buat memperkuat sinyal yang ditransmisikan via kabel jaringan. Umumnya, dalam rentang jarak tertentu kalian butuh memasang perlengkapan ini guna melindungi kekuatan sinyal data. Pemakaian repeater kabel membolehkan 2 posisi yang sedikit jauh bisa dihubungkan secara efisien.

Terlepas dari itu repeater mempunyai beberapa istilah lain menurut guna serta manfaatnya. Selaku penguat sinyal, mayoritas orang menyebut repeater dengan nama WiFi booster. Ada pula sebagian orang menyebut repeater dengan istilah WiFi extender sebab gunanya selaku alat memperluas jangkauan sinyal WiFi.

Fungsi Repeater

Repeater mempunyai berbagai ragam peranan, antara lain selaku berikut:

1. Memperluas Jangkauan

Seperti yang sudah kita singgung lebih dahulu kalau guna utama repeater yakni buat memperluas jangkauan sinyal WiFi. Perlengkapan ini sanggup tingkatkan serta memperluas daya transfer data jaringan sekalian menciptakan koneksi yang optimal. Tanpa repeater, suatu jaringan WiFi cuma bisa diakses di zona tertentu saja serta tidak bisa disebarkan secara merata.

2. Mempercepat Penerimaan serta Pengiriman Data

Guna repeater berikutnya yakni buat mempercepat penerimaan serta pengiriman informasi. Fungsi ini bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna kala berselancar internet. Berbagai aktifitas browsing bisa dilakukan dengan kecepatan lancar sesuai bandwidth, termasuk dikala proses unduh ataupun upload.

3. Menguatkan Sinyal WiFi

Metode pengulangan transfer data pada repeater berperan buat menguatkan serta memaksimalkan sinyal WiFi. Perlengkapan ini sanggup menangkap dan meningkatkan sinyal ke akses jaringan internet. Dengan begitu, pengguna senantiasa bisa mengakses jaringan WiFi secara maksimal walaupun terletak sedikit jauh dari pemancar.

4. Kurangi Pemakaian Kabel

Pemakaian kabel jaringan biasanya memakan anggaran lumayan mahal. Keberadaan repeater dapat mengambil alih kedudukan kabel jaringan selaku penghubung jaringan di sesuatu wilayah. Tidak hanya lebih praktis, pemakaian repeater pula relatif lebih murah dibanding pemakaian kabel jaringan.

Tipe Repeater

Repeater mempunyai beberapa tipe dengan peranan spesifik serta kelebihannya masing-masing. Berikut ini merupakan jenis-jenis repeater:

1. Radio Repeater

Sesuai namanya, radio repeater ialah fitur yang berperan buat menguatkan sinyal radio. Repeater tipe ini biasanya mempunyai sebagian antena yang berfungsi selaku receiver serta transmitter. Radio repeater sanggup memancarkan ulang sinyal secara lebih kuat, apalagi menembus berbagai objek penghalang.

2. Telephone Repeater

Telephone repeater ialah tipe yang kerap digunakan pada saluran telepon. Repeater tipe ini berperan buat menguatkan sinyal telepon yang terdegradasi akibat dari jauhnya jarak tempuh. Keberadaan telephone repeater membolehkan tiap pengguna senantiasa menerima sinyal dengan baik.

3. Optical Communication Repeater

Tipe yang terakhir ialah optical communication repeater, dimana repeater tipe ini berperan buat menguatkan sinyal dalam kabel serat optik. Fototransistor yang terdapat di dalam kabel bakal mengganti light pulses jadi sinyal berupa elektrik yang setelah itu diperkuat dengan dorongan amplifier. Berikutnya, sinar laser bakal mengubah kembali sinyal elektrik tersebut ke dalam wujud light pulses sehingga menciptakan sinyal yang kuat serta berkualitas.

Agar lebih maksimal lagi performa sinyal kalian, kalian juga harus membaca “Cara Menguatkan Sinyal Wifi” supaya tak ada lagi hambatan terkait sinyal internet.

Jadi setelah mengetahui apa itu repeater, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!