Harry Kane Pecahkan Rekor Robert Lewandowski, Berikutnya Buru Bayer Leverkusen

JAKARTA - Harry Kane memecahkan rekor gol Robert Lewandowski saat Bayern Munchen menang 2-1 atas Wolfsburg pada Bundesliga 2023/2024 di Stadion Volkswagen Arena, Kamis, 21 Desember 2023 dini hari WIB. Berikutnya, Kane memburu Bayer Leverkusen yang masih kokoh di puncak klasemen.

Kane mengakhiri kompetisi yang memasuki libur Natal dan Tahun Baru dengan hasil mengesankan. Dirinya tidak hanya membawa Bayern meraih kemenangan, tetapi juga memecahkan rekor Lewandowski, eks striker The Bavaria.

Kapten Timnas Inggris ini kembali membuktikan ketajamannya pada laga melawan Wolfsburg. Dirinya mencetak gol kedua yang menentukan kemenangan Bayern.

Sebelumnya, Jamal Musiala membobol gawang tuan rumah setelah menyambut umpan silang Thomas Muller.

Wolfsburg hanya mampu mencetak satu gol melalui Maximilian Arnold pada injury time babak pertama.

Arnold sesungguhnya nyaris mencetak gol kedua yang bisa menyamakan skor pada menit terakhir pertandingan. Namun, peluang emasnya digagalkan kiper Manuel Neuer.

Pada pertandingan itu, Kane mencetak gol ke-21 dari 15 pertandingan Bayern di kompetisi domestik. Ini memecahkan rekor yang pernah ditorehkan Lewandowski dengan 20 gol selama 15 pertandingan bersama Bayern musim 2020/2021.

Saat itu, Lewandowski yang kini sudah pindah ke Barcelona mengakhiri musim tersebut dengan mengemas 41 gol dan menjadikannya sebagai top skor Bundesliga.

Torehan gol Kane di Munchen ditambah saat masih bermain di Tottenham Hotspur selama paruh kedua kompetisi, sang striker berarti sudah mencetak 38 gol sepanjang 2023. Kane mencetak empat gol lebih banyak dibandingkan Kylian Mbappe di lima liga top Eropa.

"Cara yang sempurna sebelum libur (kompetisi) musim ini. Saya merasa senang dengan beberapa bulan pertama saya di Bayern," kata Kane di akun media sosial.

"Kini, saya bisa beristirahat dan kembali bermain pada tahun baru," ucapnya.

Pelatih Thomas Tuchel pun tak segan memuji Kane. Menurut dia, Kane memang tengah mencapai performa terbaik dan pemain yang benar-benar komplet.

"Bila Anda melihat gol dia dan bagaimana saat bermain di babak kedua, dia sesungguhnya adalah bek pertama kami. Bagaimana dia menahan bola dan mundur serta bertahan. Dia tengah mencapai performa terbaik," kata Tuchel.

"Tak hanya itu, kepribadiannya juga sangat bagus. Dia pemain top dan seorang leader. Dia tak ubahnya paket komplet," ujarnya.

Kemenangan atas Wolfsburg setidaknya menjaga jarak poin dengan Leverkusen, pimpinan klasemen. Persaingan kedua memang ketat meski Bayern masih tertinggal empat poin.

Leverkusen mengukuhkan posisinya di puncak setelah menghajar Bochum 4-0. Kini, mereka mengantungi poin 42.

Leverkusen juga mencatat rekor ciamik dengan menjadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum pernah kalah.

Hanya saja, Bayern bisa mengejar Leverkusen. Apalagi, Die Roten masih menyimpan satu pertandingan sehingga masih memungkinkan untuk merapatkan jarak poin.

Setelah melewati rekor Lewandowski, kini Kane memburu Leverkusen demi merebut posisi puncak klasemen. Ini menjadi tugas anyar striker berusia 30 ini saat memasuki tahun baru.