Diisukan Dekati Park Hang-seo untuk Gantikan Shin Tae-yong, PSSI Membantah

JAKARTA - PSSI melalui anggota Komite Eksekutif (Exco) memberikan bantahan soal isu mendekati Park Hang-seo untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia.

“Enggak benar itu (kabar soal Park Hang-seo),” kata Arya Sinulingga, Exco PSSI, dalam keterangan yang dikutip pada Senin, 18 Desember 2023.

Sebelumnya diketahui bahwa kabar PSSI mendekati Park Hang-seo berawal dari pemberitaan media Korea Selatan, MSN, yang dikutip oleh media Vietnam, Soha. Dalam laporan itu, disebutkan Park Hang-seo sudah mendapatkan tawaran resmi dari PSSI.

“Park Hang-seo sudah menerima tawaran yang sulit ditolak. Berdasarkan laporan wartawan Lee Geun-soo, PSSI sedang berencana merekrut Park Hang-seo untuk mengganti Shin Tae-yong,” tulis Soha.

Dengan pengalaman Park Hang-seo yang pernah menangani Vietnam, ia disebut sebagai kandidat terkuat suksesor STY.

Namun, laporan media Korea Selatan itu menyebut kontrak STY habis pada Januari 2024. Padahal, PSSI sudah sepakat mempertahankan STY hingga Juni 2024.

STY juga baru memperpanjang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) di Kantor Imigrasi. Ini jadi isyarat eks pelatih Timnas Korea Selatan itu bakal bertahan di Indonesia beberapa waktu ke depan.

Dengan kontrak yang diperpanjang hingga Juni 2024, STY bakal memimpin Timnas Indonesia di berbagai ajang penting, seperti Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 2024, hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, Park Hang-seo saat ini masih terlibat dalam pembibitan sepak bola Vietnam, seperti mengadakan kompetisi di level junior.