5 Kekurangan Mechanical Keyboard, Pahami agar Tidak Menyesal

YOGYAKARTA - Mechanical keyboard banyak digemari karena menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan keyboard jenis biasa. Keyboard ini sering digunakan oleh para gamer dan programer untuk bekerja. Namun dibalik berbagai keunggulan yang dimiliki, terdapat beberapa kekurangan mechanical keyboard. 

Mechanical keyboard adalah papan ketik yang memakai mekanisme fisik dalam penggunaannya. Keyboard jenis ini menggunakan sakelar atau switch mekanik sebagai pengganti membran karet yang biasa terpasang pada keyboard konvensional. Mechanical keyboard mudah dikenali dengan ketukan keras yang keluar saat digunakan mengetik. 

Namun tidak semua orang cocok atau nyaman memakai keyboard tipe ini. Lantas apa kekurangan mechanical keyboard yang perlu Anda tahu sebelum membelinya?

Kekurangan Mechanical Keyboard

Banyak orang lebih suka menggunakan keyboard mechanical karena dinilai lebih nyaman dari segi sentuhan dan respon yang lebih baik. Meskipun keyboard ini memberikan daya tarik tersendiri bagi sejumlah pengguna, namun terdapat beberapa kekurangan mechanical keyboard. 

Jadi bagi Anda yang berminat membeli papan ketik jenis ini, pahami dulu kekurangan mechanical keyboard agar tidak menyesal:

Suara Keras yang Mengganggu

Ciri khas dari keyboard mechanical adalah suara keras yang dihasilkan saat mengetik. Papan ketik pada keyboard jenis ini akan memunculkan bunyi khas ketika dipencet atau ditekan. Bunyi tersebut merupakan reaksi pada switch berbentuk linear dan taktil yang terpasang di setiap tombol. 

Sebagian orang merasa bunyi khas pada tombol mechanical keyboard dapat memberikan sensasi tersendiri. Namun tidak sedikit orang yang justru merasa terganggu dengan adanya bunyi keras saat mengetik. Jadi keyboard ini tidak cocok bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan suasana tenang dan hening. Bunyi dari papan ketik ini juga akan mengganggu ketika digunakan di tempat tertentu, seperti ruang rapat, perpustakaan, dan lainnya. 

Ukuran Lebih Besar 

Mechanical keyboard dirancang dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan keyboard konvensional. Dimensinya yang lebih besar menjadi salah satu kekurangan keyboard ini bagi sebagian orang. Apalagi bagi Anda yang sering membawa keyboard kemana-mana untuk bekerja. 

Dengan ukurannya yang besar, mechanical keyboard tidak cocok digunakan untuk pemakaian berpindah-pindah tempat. Selain itu, keyboard ini juga sulit ketika dimasukkan ke dalam tas. Penggunaan keyboard ini pun membuatkan ruang yang lebih luas, sehingga kurang portable. 

Bobot Lebih Berat

Selain ukurannya yang lebih besar, mechanical keyboard juga memiliki bobot lebih berat dibandingkan papan ketik konvensional. Hal ini membuat keyboard ini cukup berat ketika dibawa kemana-mana atau dipindahkan. Mempertimbangkan hal itu, keyboard ini memang lebih cocok digunakan untuk stay di satu tempat atau tidak dipindah-pindahkan. 

Mechanical keyboard umumnya memiliki berat sekitar 300 gram sampai 1200 gram. Jadi keyboard ini kurang cocok bagi Anda yang kerap membawa keyboard berpindah-pindah. Dibanding membeli keyboard jenis ini, tentunya Anda lebih membutuhkan keyboard yang berbobot ringan dan berukuran slim. 

Harga Lebih Mahal

Keyboard jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan keyboard membran atau konvensional. Harganya yang cukup tinggi tentunya menjadi pertimbangan ketika Anda ingin membelinya. Namun harga yang dibanderol sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. 

Dari segi harga, mechanical keyboard tidak cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan keyboard jenis ini, sebaiknya beli keyboard lain yang lebih murah. 

Kurang Ergonomis

Kekurangan lain dari mechanical keyboard adalah sifatnya yang kurang ergonomis. Penggunaan awal keyboard ini disebut cukup menyulitkan untuk beradaptasi. Bagi Anda yang sudah lama memakai keyboard tertentu, biasanya akan kesulitan ketika baru mulai menggunakan mechanical keyboard. 

Demikianlah ulasan mengenai kekurangan mechanical keyboard yang perlu Anda tahu. Setiap jenis keyboard memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baca juga artikel tips memilih mechanical keyboard untuk gamer.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.