Meta Uji Coba Integrasi Platform Threads dengan Mastodon dan Protokol ActivityPub

JAKARTA - Threads, platform dari Meta Platforms Inc., akan melakukan uji coba di mana unggahan dari akun-akun di platform mikroblogging tersebut akan tersedia di Mastodon dan layanan lain yang menggunakan protokol ActivityPub.Hal ini dikatakan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg pada  Rabu, 13 Desember.

Meta sebelumnya telah mengumumkan rencananya untuk membuat Threads kompatibel dengan jaringan sosial terbuka dan interoperabel ketika aplikasi tersebut diluncurkan pada bulan Juli lalu.

"Membuat Threads interoperabel akan memberikan lebih banyak pilihan kepada orang-orang dalam berinteraksi dan akan membantu konten mencapai lebih banyak orang," kata Zuckerberg.

Mastodon, yang bangga dengan struktur terdesentralisasi dan berbasis pengguna, mirip dengan Threads dan merupakan alternatif untuk platform media sosial "X" milik Elon Musk, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Mastodon berjalan pada kerangka kerja bernama ActivityPub yang memungkinkan pengguna membangun pengalaman media sosial independen.

"Rencana kami adalah bekerja dengan ActivityPub untuk memberikan opsi kepada Anda untuk berhenti menggunakan Threads dan mentransfer konten Anda ke layanan lain," kata perusahaan tersebut pada bulan Juli.

Threads, yang mencapai lebih dari 100 juta pendaftaran dalam lima hari setelah diluncurkan, juga dijadwalkan akan diluncurkan di Eropa pada bulan Desember ini.