VIDA Memperkenalkan VIDA Sign, Solusi Tanda Tangan Digital yang Tersertifikasi

JAKARTA - PT Indonesia Digital Identity (VIDA) memperkenalkan VIDA Sign, solusi terkini tanda tangan digital yang tersertifikasi, yang terdaftar dan berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Dengan demikian, sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang terdaftar di bawah Kominfo, VIDA memiliki otoritas untuk menerbitkan sertifikat elektronik bagi kebutuhan tanda tangan digital yang aman dan berkekuatan hukum yang dikenali di 40 negara. 

“Izinkan saya untuk bisa memperkenalkan VIDA Sign kepada teman teman semua, sebagai bukti kontribusi kami kepada lanskap ekonomi digital dan transaksi digital di Indonesia,” kata Sati Rasuanto, Co-founder & President of VIDA dalam konferensi persnya pada Selasa, 12 Desember di Jakarta. 

Sati menambahkan, peluncuran VIDA Sign ini tidak hanya akan menawarkan solusi tanda tangan digital yang aman, mudah, dan efektif, tetapi juga akan memastikan integritas dokumen bagi setiap industri. 

Teguh Arifiyadi, Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengungkapkan bahwa, Kominfo menerima lebih dari 100 ribu laporan penipuan dalam bentuk file dokumen pdf selama satu tahun terakhir. 

“Dokumen yang sekarang ini dokumennya adalah dokumen pdf ada tanda tangannya. Banyak orang berpikir bahwa itu tanda tangan digital. Padahal, kalau ada dokumen pdf dengan tanda tangan di dalamnya itu bukan tanda tangan elektronik, tapi tanda tangan yang elektronik-kan,” ujar Teguh. 

Maka dari itu, keamanan dan keaslian dokumen itu perlu diberikan sertifikasi elektronik, hak tersebut juga telah diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Itulah kenapa Kominfo memberikan support penuh kepada semua penyelenggara digital khususnya kepada VIDA, karena memang kita melihat bahwa ke depannya salah satu instrumen penting untuk legalitas dokumen adalah pengguna tanda tangan digital tadi,” pungkasnya

VIDA Sign saat ini sudah bisa diakses melalui website maupun aplikasi smartphone melalui Google Play Store dan App Store.