NOYB Ajukan Keluhan Terhadap Layanan Langganan Tanpa Iklan Meta Platforms di Eropa

JAKARTA - Layanan langganan berbayar tanpa iklan dari Meta Platforms Inc., yang diluncurkan di Eropa bulan ini, menghadapi salah satu ujian terbesarnya.  Ini terjadi ketika kelompok advokasi NOYB pada  Selasa 28 November, mengajukan keluhan kepada regulator Austria. Mereka, menyatakan bahwa layanan tersebut dianggap sebagai pembayaran untuk memastikan privasi.

Meta mengumumkan layanan tersebut untuk Facebook dan Instagram bulan lalu. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa langkah tersebut sesuai dengan aturan Uni Eropa yang menyatakan bahwa pengguna harus diberikan pilihan apakah data mereka dapat dikumpulkan dan digunakan untuk iklan yang ditargetkan.

Layanan tanpa iklan ini memiliki biaya 9,99 euro (Rp169,5 ribu) per bulan untuk pengguna web dan 12,99 euro (Rp220 ribu)untuk pengguna iOS dan Android. Meta mengatakan bahwa model langganan adalah bentuk persetujuan yang sah untuk layanan yang didanai oleh iklan dan sesuai dengan putusan pengadilan tertinggi Eropa pada bulan Juli. Pengguna juga dapat memilih layanan gratis yang didukung oleh iklan.

NOYB (None Of Your Business), kelompok hak digital yang berbasis di Wina dan didirikan oleh aktivis privasi Max Schrems, mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan Meta mengenai konsep persetujuan.

"Hukum Uni Eropa mengharuskan bahwa persetujuan adalah kehendak bebas yang sejati dari pengguna. Bertentangan dengan hukum ini, Meta mengenakan 'biaya privasi' hingga 250 euro per tahun jika seseorang berani menjalankan hak dasarnya untuk perlindungan data," kata pengacara perlindungan data NOYB, Felix Mikolasch, dalam sebuah pernyataan yang dikutip VOI dari Reuters.

NOYB mengajukan keluhan kepada Otoritas Perlindungan Data Austria dan juga mengkritik besaran biaya tersebut.

"Tidak hanya biayanya tidak dapat diterima, namun angka industri menunjukkan bahwa hanya 3 persen orang yang ingin dilacak, sedangkan lebih dari 99 persen tidak menggunakan pilihannya ketika dihadapkan dengan 'biaya privasi'," kelompok tersebut mengatakan. "Jika Meta berhasil dengan ini, pesaing akan segera mengikuti jejaknya."

Meta menyatakan, "Opsi bagi orang untuk membeli langganan tanpa iklan sejalan dengan persyaratan regulator Eropa sambil memberikan pilihan kepada pengguna dan memungkinkan Meta untuk terus melayani semua orang di UE, EEA, dan Swiss."

Jurubicara Meta menunjukkan bahwa harga tersebut sejalan dengan penawaran langganan serupa di Eropa.

Netflix menagih 7,99 euro untuk paket langganan dasar, sedangkan YouTube Premium milik Alphabet   memiliki biaya sekitar 12 euro, dan layanan Premium Spotify   dihargai sekitar 11 euro.

NOYB, yang telah mengajukan ratusan keluhan terhadap perusahaan teknologi besar mulai dari Alphabet   Google hingga Meta terkait pelanggaran privasi, mendesak otoritas privasi Austria untuk meluncurkan proses yang dipercepat untuk menghentikan Meta dan juga memberikan denda.

Keluhan ini kemungkinan akan diteruskan ke pengawas perlindungan data Irlandia yang mengawasi Meta karena perusahaan tersebut memiliki markas Eropa di Irlandia.