Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik 2023, Ini yang Paling Simpel, Gratis dan Cocok untuk Semua Tipe

YOGYAKARTA –  Saat memilih aplikasi perekam layar laptop ada baiknya memilih yang paling mudah dipakai. Tak perlu berbayar, pengguna bisa memilih aplikasi tak berbayar alias gratis.

Pengguna juga perlu mempertimbangkan aplikasi perekam yang tidak berbayar alias gratis. Saat ini tools semacam itu banyak tersedia dan bisa diunduh di internet.

Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik 2023

Saat memilih tools untuk merekam aktivitas di layar laptop maupun komputer, pilihlah aplikasi yang memiliki fitur lengkap termasuk perekaman visual maupun audio. Selain itu pilih aplikasi yang mampu merekam layar dengan cakupan lebar sehingga seluruh aktivitas di layar bisa ter-record dengan baik.

Berikut ini rekomendasi aplikasi untuk merekam layar komputer maupun laptop terbaik bahkan bisa digunakan hingga tahun 2023.

  1. Open Broadcaster Software (OBS)

Rekomendasi pertama adalah Open Broadcaster Software (OBS). Software perekam layar laptop ini tersedia secara gratis yang menawarkan perekaman serta streaming high definition. Kemampuan perekaman yang ditawarkan juga sangat mumpuni, bahkan pengguna bisa memilih bagian layar yang akan direkam.

Saat menggunakan OBS akan muncul tombol kontrol. Pengguna juga bisa memanfaatkan audio mixer untuk mengatur suara agar lebih halus nan jernih. Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengintegrasikannya ke media sosial seperti YouTube. Tak perlu khawatir karena hasil rekaman juga bisa disimpan di memori.

  1. Free Cam

Seperti namanya, aplikasi Free Cam tidak berbayar alias gratis. Selain itu memilih tampilan sederhana disertai editor audio dan video yang terintegrasi. Meski gratis, hasil perekaman layar Free Cam tidak memuat watermark. Pengguna juga bisa merekam audio dan menghasilkan video dengan resolusi tinggi. File yang dihasilkan bisa disimpan dengan format WMV. Bisa juga langsung diunggah ke YouTube.

Beberapa fitur Free Cam seperti menghapus fragmen video yang tak dipakai, membuang kebisingan audio, bahkan terdapat efek suara agar hasilnya lebih baik.

  1. TinyTake

TinyTake cukup banyak digunakan karena selain gratis, aplikasi ini juga ringan dan penggunaannya sangat simpel. Fitur TinyTake juga cukup beragam mulai dari perekaman layar, komentar, hingga bisa di-share ke medsos.

Tampilan TinyTake jadi salah satu yang mudah dipahami karena sederhana sehingga penggunaan fiturnya bisa maksimal.

  1. VideoProc

Jika Anda butuh aplikasi perekam layar PC tanpa batasan durasi cobalah menggunakan VideoProc. Penggunaan aplikasi ini bisa dimanfaatkan untukberbagai keperluan seperti webinar, meeting secara online, streaming, Skype, video YouTube, dan masih banyak lagi.

Menariknya, fitur VideoProc mampu memanjakan pengguna karena terdapat teknologi akselerasi GPU yang memungkinkan pengguna mendapat hasil gambar rekaman dengan stabil namun dengan konsumsi daya CPU yang relatif kecil.

  1. Hitpaw Screen Recorder

Pengguna sepertinya tidak akan kesulitan memakai Hitpaw Screen Recorder karena aplikasi ini cukup user-friendly. Penggunaan aplikasi ini sederhana, praktis, bahkan cenderung mudah. Fitur yang disediakan di aplikasi ini beragam. Pengguna bisa memanfaatkan Hitpaw Screen Recorder untuk kepentingan presentasi, rapat, webinar, dan sebagainya. Selain itu aplikasi memungkinkan merekam zoom dengan pilihan sebagian layar atau keseluruhan.

  1. Screenpresso

Aplikasi Screenpresso tersedia dalam dua versi yang berbayar dan gratis. Pengguna bisa memilih versi gratis jika mau. Meski versi gratis, fitur yang tersedia cukup banyak meskipun tidak sebanyak versi berbayar.

Itulah informasi terkait aplikasi perekam layar laptop. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.